Breaking News:

Berita Pemkab Kutai Barat

Kampung Sumber Bangun Kubar Siapkan Lahan Khusus Pemakaman Warga yang Meninggal Akibat Covid-19

Kampung-kampung Transmigrasi di Kecamatan Sekolaq Darat telah melakukan antisipasi jika terjadi kasus meninggal dunia akibat Covid-19.

Editor: Achmad Bintoro
HUMASKAB KUBAR
SISIHKAN LAHAN - Suasana pertemuan para kepala kampung di Kecamatan Sekolaq Darat. Kampung-kampung Transmigrasi di Kecamatan Sekolaq Darat ini menyisihkan sebagian lahan pemakaman umum untuk lokasi pemakaman warganya yang terkonfirmasi positif covid-19 , Rabu (24/11/2020). 

SENDAWAR - Kampung-kampung Transmigrasi di Kecamatan Sekolaq Darat telah melakukan antisipasi jika terjadi kasus meninggal dunia akibat Covid-19. Pemerintahan kampung sudah menyisihkan sebagian lahan pemakaman umum untuk lokasi pemakaman warganya yang terkonfirmasi positif covid-19 , Rabu (24/11)

Camat Sekolaq Darat Suwila SP menjelaskan, lahan pemakaman tersebut sengaja disiapkan pemerintahan kampung untuk antisipasi jika saja ada warganya yang meninggal akibat covid-19.

“Lahan yang disiapkan khusus untuk warga kampung tersebut, bukan untuk warga di luar kampung,” terang Suwila.

Pada kesempatan tersebut Suwila didampingi Petinggi Kampung Sumber Bangun memaparkan, alasan mengapa pemakaman yang disiapkan kampung hanya untuk warga kampung setempat saja, karena lahannya terbatas.

Jika menerima pemakaman warga dari luar dikhawatirkan lahannya tidak cukup. Sebab jarak antara pemakaman satu dengan lainnya minimal 10 meter bahkan lebih. Lokasi pemakaman itu masih satu lokasi dengan pemakaman umum, hanya dibedakan jarak saja.

Camat Sekolaq Darat mengharapkan pemerintah kabupaten bisa menyiapkan lahan khusus untuk pemakaman pasien yang terkonvirmasi positif covid-19, agar tidak lagi warga yang bukan dari kampung di Kecamatan Sekolaq Darat dimakamkan di kampung yang sudah menyiapkan pemakaman khusus covid-19 untuk warganya.

“Kami selalu berkoordinasi dengan para kepala kampung dan sudah menyediakan lahan di lokasi pemakaman umun untuk lokasi pemakaman korban Covid-19. Pada prinsipnya, bila ada kematian khususnya warga dari kampung tersebut yang diakibatkan Covid-19, tidak kebingungan mencari lahan karena jenazahnya harus segera dimakamkan,” kata Suwila.

Sekali lagi pemerintah kecamatan memberikan apresiasi kepada kampung-kampung yang sudah melakukan antisipasi terhadap kasus covid-19. Ini sebagai bentuk perhatian dan kepedulian pemerintah kampung terhadap masyarakatnya. “Aalaupun demikian, tentu kita berharap tidak ada warga yang sampai meninggal dunia akibat covid-19,” ujarnya.

Untuk itu, mari patuhi protokol kesehatan dan tetap menerapkan 3M. Dan tidak lupa Pemerintah Kecamatan Sekolaq Darat bekerjasama dengan pemerintahan kampung untuk melakukan sosialiasi di rumah-rumah ibadah dan kegiatan lainnya kepada warganya terkait bahaya virus corona.(adv/hms10/naw)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved