Breaking News:

Berita Pemkab Mahakam Ulu

Maksimalkan Program Gerbangmas P2MKM, DMPK Mahulu Gelar Rakor Pendamping dan Petinggi Kampung

Gerbangmas P2MKM adalah program induk dalam upaya menumbuhkan ekonomi masyarakat, serta meningkatkan pembangunan di desa

HUMASKAB MAHULU
RAKOR PETINGGI - Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Kampung (DPMK) menggelar Rapat Koordinasi (Rakor) di Kecamatan Long Hubung, Jumat (27/11/2020). Kegiatan di Balai Adat Kampung Datah Bilang ini diikuti para pendamping kampung serta Petinggi Kampung seluruh Long Hubung. 

UJOH BILANG - Guna memaksimalkan program Gerakan Pembangunan Masyarakat Adil Sejahtera (Gerbangmas) Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat Kampung Mandiri (P2MKM), dan meningkatkan pemahaman tentang pelaporan dan pengendalian tata kelola pemerintahan dan pembangunan Kampung di Kabupaten Mahulu, Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Kampung (DPMK) menggelar Rapat Koordinasi (Rakor) di Kecamatan Long Hubung, Jumat (27/11).

Kegiatan yang berlangsung di Balai Adat Kampung Datah Bilang dengan protokol kesehatan ketat. Rakor diikuti oleh para pendamping Kampung Program Gerbangmas P2MKM, serta para Petinggi Kampung di seluruh Kecamatan Long Hubung.

Mewakili Pjs Bupati Mahulu Gede Yusa, Pj Kepala DPMK Damianus Tamha saat membuka acara ini mengungkapkan, rakor ini bertujuan meningkatkan kualitas kinerja pendamping untuk membangun kampung maju dan mandiri sesuai visi dan misi Pemkab Mahulu.

Rakor ini, menurutnya, untuk mengevaluasi sebagai pertimbangan rencana kerja ke depan agar lebih baik dan maksimal. Utamanya dalam memaksimalkan realisasi program Gerbangmas.

“Gerbangmas P2MKM, merupakan program induk dalam upaya menumbuhkan ekonomi masyarakat, serta meningkatkan pembangunan di desa,” kata Damianus.

Berdasar peraturan menteri desa, salah satu indikator untuk mengukur kemajuan kampung atau desa adalah melaui Indeks Desa Membangun (IDM). Melalui program Gerbangmas P2MKM bertujuan memacu pertumbuhan desa sehingga bisa meningkatkan status desa.

Keberhasilan program Gerbangmas P2MKM adalah banyaknya status kampung atau desa di Mahulu yang meningkat status dari sebelumnya berupa desa atau kampung sangat tertinggal, menjadi maju dan desa mandiri.(adv/naw)

Editor: Achmad Bintoro
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved