Breaking News:

Bahan Bakar Nabati Berbasis Sawit Harapan Ketahanan Energi Indonesia

Bagi Indonesia, BBN tidak sekedar memenuhi pasar domestik namun juga menopang penyerapan minyak sawit, yang menjadi bahan baku utama

TRIBUNKALTIM.CO/HO
Buah kelapa sawit menjadi Bahan Bakar Nabati (BBN) dan saat ini produksinya meningkat sangat pesat.TRIBUNKALTIM.CO/HO 

TRIBUNKALTIM.CO,BALIKPAPAN - Perkembangan industri Bahan Bakar Nabati (BBN) meningkat sangat pesat.

Bagi Indonesia, BBN tidak sekedar memenuhi pasar domestik namun juga menopang penyerapan minyak sawit, yang menjadi bahan baku utama pada pembuatan biofuel serta mengurangi impor bahan bakar fosil.

Pada Indonesian Palm Oil Conference (IPOC) 2020 New Normal yang dilaksanakan secara virtual, Ketua Asosiasi Produsen Biofuels Indonesia (APROBI) Paulus Tjakrawan menjelaskan, awal pengembangan BBN yang didorong akibat semakin besarnya defisit neraca perdagangan akibat import bahan bakar fossil.

Baca Juga: Tolak Sawit dan Tambang, Desa Modang Masuk Dalam Program Forest Carbon Partnership Facility

Baca Juga: Bantah Berita di Media AP, GAPKI: Tuduhan Eksploitasi Pekerja Wanita Rugikan Industri Sawit

Baca Juga: NEWS VIDEO Lahan Diambil untuk Perluasan Sawit, Warga Papua Hanya Dapat Ganti Rugi Rp 100 Ribu

Data tahun 2019 menunjukkan defisit yang mencapai 9,3 milyar USD akibat import kurang lebih 50 persen bahan bakar fossil di Indonesia.

"Sebaliknya, melalui program mandatori biodiesel 30 (B30) berbasis sawit yang dicanangkan pemerintah mampu menghemat devisa hingga 3,09 milyar USD atau setara dengan Rp 44,74 triliun di tahun 2020," ujar Paulus.

Tidak hanya itu, program tersebut juga berkontribusi pada pengurangan Emisi Gas Rumah Kaca (EGRK) sebesar 17,5 juta ton CO2eq atau setara dengan 45 persen pada target energy dan transportasi di tahun 2019.

Juga, diproyeksikan akan mengurangi 25 juta ton CO2eq atau 68 persen dalam kontribusi pada target energi dan transportasi.

Halaman
123
Penulis: Heriani AM
Editor: Samir Paturusi
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved