Breaking News:

News Video

NEWS VIDEO Penyerahan 3945 Personel Linmas Ke Polresta Samarinda, Nantinya Akan di Sebar ke 1962 TPS

Terlebih dalam pengamanan dan penempatan diarahkan oleh jajaran Polresta Samarinda.

TRIBUNKALTIM.CO- Polresta Samarinda menerima penyerahan secara simbolis 3945 personel pelindung masyarakat (linmas) oleh Sekretaris Kota Samarinda Sugeng Chairuddin di Ruang Command Center 112 Pemkot Samarinda, Selasa (1/12/2020) lalu.

Secara resmi apel penyerahan digelar virtual dan terbatas. Polresta Samarinda sendiri menerima penyerahan ole Kabag Ops Polresta Samarinda Kompol Andi Suryadi. 

Dikonfirmasi terkait hal tersebut, Kompol Andi Suryadi menerangkan, anggota Linmas pengamanan Tempat Pemungutan Suara (PAM TPS) Pemilihan Walikota dan Wakil Walikota Samarinda tahun 2020 ialah Bawah Kendali Operasi (BKO).

Terlebih dalam pengamanan dan penempatan diarahkan oleh jajaran Polresta Samarinda.

Anggota linmas juga sebelumnya sudah menjalankan bimbingan teknis pembekalan untuk pengamanan Tempat Pemungutan Suara (TPS) dan juga kotak suara.

Nantinya ketika menjalankan tugasnya nanti bisa bersinergi dengan petugas Kepolisian dan TNI yang berada di TPS.

Sekedar diketahui jumlah TPS keseluruhan berjumlah 1962 TPS dari 10 kecamatan yang tersebar di 59 kelurahan.

"Para personil Linmas, kami juga sudah tekankan agar mereka profesional dalam pengamanan dan jangan menggiring satu paslon untuk kepentingan tertentu, termasuk menggiring masyarakat untuk memilih salah satu paslon, harus netral,” tegas Kompol Andi Suryadi, Kamis (3/11/2020) pagi.

Selain menekankan agar bersikap netral dan profesional, upaya pencegahan terhadap penyebaran Covid-19 atau Virus Corona juga ia tekankan guna menghindari adanya klaster baru.

Untuk itu, simulasi yang digelar jajarannya di Mako Polresta Samarinda, pada Senin (30/12/2020) lalu linmas juga sudah dibekali tugas untuk mengingatkan protokol kesehatan kepada para pemegang hak suara (pemilih), yang akan datang ke TPS. 

Serta dalam simulasi, juga turut mengatur bagaimana cara menerapkan pola protokol kesehatan Covid-19 atau Virus Corona saat melakukan pencoblosan di kotak suara.

"Petugas linmas juga dibekali dengan alat pengukur suhu tubuh dan hand sanitizer. Jadi, apabila ada warga yang datang ke TPS dengan suhu tubuh di atas 37 derajat, maka kami siapkan bilik pencoblosan khusus yang nanti didampingi petugas KPPS khusus dengan berpakaian lengkap APD. Tujuannya agar hak suara warga tetap tersampaikan,” jelas Kompol Andi Suryadi.

Selain menerapkan protokol kesehatan dan segala aturan untuk mencegah potensi klaster baru Covid-19 atau Virus Corona, Kompol Andi Suryadi juga sudah berkoordinasi dengan pihak penyelenggara yakni KPU Kota Samarinda.

“Kami sudah koordinasi dengan KPU guna mengatur waktu pencoblosan. Sehingga meminimalisir kerumunan," pungkas Andi. (*)

Editor: Faizal Amir
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved