Breaking News:

Berita Pemkab Kutai Barat

Pemkab Kubar Imbau Masyarakat Taati Prokes Saat Pelaksanaan Pilkada, Perayaan Natal dan Tahun Baru

Syirajudin SH MT menyampaikan, Kubar salah satu kabupaten yang melaksanakannya diharapkan betul-betul menjaga ketertiban dan keamanan

Editor: Achmad Bintoro
HUMASKAB KUBAR
RAPAT KOORDINASI - Pjs Bupati Kubar H M Syirajudin didampingi Plt Asisten I, Kepala Kesbangpol dan Kadiskes  mengikuti rapat koordinasi pengamanan dan penegakan protokol kesehatan dalam rangka Pilkada, Libur Natal dan Tahun Baru 2021 secara virtual di ruang koordinasi Kantor Bupati. 

SENDAWAR - Gubernur Kaltim Dr Ir H Isran Noor M Si memimpin rapat koordinasi pengamanan dan penegakan protokol kesehatan dalam rangka penyelenggaraan pilkada, libur Natal dan tahun baru 2021.

Rakor tersebut dihadiri langsung Wakil Gubernur, Pangdam VI Mulawarman, Wakapolda, Ketua KPU dan Bawaslu Kaltim. Adapun Bupati dan Walikota se-Kaltim mengikuti secara virtual melalui zoom meeting, Rabu (2/12).

Menindaklanjuti hasil rakor pimpinan daerah Provinsi Kaltim melalui vicon, Gubernur Kaltim mengeluarkan Surat Edaran Nomor 300.1/7143/B.PPOD.I tentang pengamanan dan penegakan protokol kesehatan dalam rangka penyelenggaraan pilkada, libur Natal dan tahun baru 2021.

Dalam surat edaran Gubernur Kaltim Isran Noor mengimbau agar dilakukan pengamanan dan penegakan protokol kesehatan. Pertama, kegiatan keagamaan yang bersifat pengumpulan massa dan menjadi tempat kerumunan orang banyak adalah hal yang dilarang, sebagaimana Permenkes RI Nomor 9 Tahun 2020 tentang pedoman pembatasan sosial berskala besar dalam rangka percepatan penanganan Covid-19.

Kedua, pelaksanaan pilkada serentak tetap mematuhi protokol kesehatan Covid-19 yang ketat. Ketiga, pemerintah pusat dan pemerintah daerah bersama para tokoh masyarakat, tokoh agama dan tokoh adat untuk bersama-sama menyakini bahwa ibadah Hari Raya Natal sebaiknya tidak dalam jumlah yang banyak dan melarang perayaan pergantian tahun baru 2021, dalam rangka memutus mata rantai penyebab Covid-19. Keempat, imbauan untuk tetap tidak mudik, agar Polri, TNI dan Satpol PP memperketat penjagaan khususnya pada malam hari.

Pada kesempatan tersebut, Pjs Bupati Kubar H M Syirajudin SH MT menyampaikan, Kubar salah satu kabupaten yang melaksanakannya diharapkan betul-betul menjaga ketertiban dan keamanan. Untuk penyelenggara/KPU, bisa mempersiapkan semaksimal mungkin protokol kesehatan, karena pelaksanaan pilkada kali ini berbeda dengan biasanya.

Untuk diketahui, berdasarkan penetapan daftar pemilih se-Kalimantan Timur di Kutai Barat jumlah pemilih sebanyak 113,794 terbagi perempuan 54.108 dan laki-laki 59.686 yang tersebar di 390 TPS dari 190 Kampung dan empat kelurahan di 16 kecamatan se-Kubar.

Berdasarkan temuan Bawaslu Kaltim, di lapangan ada pelanggaran-pelanggaran, terkhusus protokol kesehatan. Ini yang harus ditaati oleh kabupaten dan kota yang menyelenggarakan pilkada. Pelanggaran tersebut diharapkan tidak terjadi di Kubar. Berkenaan libur Natal dan tahun baru, Pemkab Kubar juga telah melakukan rapat koordinasi dengan pendeta, pastor, camat dan petinggi se-Kubar dan diperkuat dengan surat edaran gubernur, diimbau kepada masyarakat agar melaksanakan perayaan Natal dengan mentaati protokol kesehatan, dan khusus sambut tahun baru tidak boleh ada acara/kegiatan.(adv/hms10/naw)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved