Breaking News:

Berita Pemkab Berau

Miliki Potensi Pariwisata Bahari, BNPP Sebut Bisa Menjadi Loko Pengembangan Ekonomi Perbatasan Berau

sejumlah potensi wilayah perbatasan untuk dikembangkan sebagai penggerak ekonomi masyarakat. Salah satunya sektor pariwisata.

HUMASKAB BERAU
RAKOR PERBATASAN - Sekretaris Kabupaten Berau M Gazali didampingi Kepala Bapelitbang Agus Wahyudi, Rabu (2/12/2020) mengikuti Rapat Koordinasi secara virtual dengan Badan Nasional Pengendalian Perbatasan (BNPP) dalam pengembangan ekonomi di wilayah Perbatasan. 

TANJUNG REDEB – Pemerintah Kabupaten Berau mengikuti Rapat Koordinasi dengan Badan Nasional Pengendalian Perbatasan (BNPP) dalam pengembangan ekonomi di wilayah Perbatasan. Kegiatan digelar secara virtual dengan dihadiri langsung oleh Sekretaris Kabupaten Berau, M Gazali didampingi Kepala Bapelitbang, Agus Wahyudi, Rabu (2/12).

Dalam kegiatan tersebut dibahas mengenai sejumlah potensi yang ada di wilayah perbatasan, untuk dikembangkan sebagai penggerak ekonomi masyarakat. Salah satunya sektor pariwisata. Dalam pengelolaan wisata ini dibagi dalam tiga bagian yaitu alam, budaya dan buatan.

Ketiganya saling terikat untuk dalam membantu mendongkrak perekonomian di daerah khususnya di wilayah perbatasan jika dikelola secara maksimal. Dalam pencapaiannya diperlukan fasilitas yang menunjang, seperti listrik, air bersih, keamanan. Sehingga destinasi yang bagus ini dapat dimaksimalkan.

Hal lain yang diperlukan juga yaitu pengelolaan sektor pariwisata baik dari SDM maupun sarana dan prasarana. Tujuan dan sasaran bidang pangan di sektor pariwisata di wilayah perbatasan. Mengembangkan lumbung pangan berbasiskan potensi sumber daya kebutuhan wilayah dan ekspor dalam rangka swasembada dan mendukung perkembangan ekonomi.

Kemudian wilayah perbatasan yang merupakan salah satu sasaran strategi pembangunan nasional dapat dilihat dari tiga sudut pandang yaitu, sebagai bagian yang tidak dapat dipisahkan dan merupakan benda terdepan NKRI, sebagai salah satu misi dari pemerintah pembangunan yang harus dimulai dari wilayah pinggir atau perbatasan, memiliki potensi strategis baik secara sosial ekonomi maupun geo politik dan keamanan nasional.

Usai rapat Sekretaris Kabupaten Berau, M Gazali menyampaikan, Berau merupakan salah satu daerah yang masuk dalam wilayah perbatasan. Ia menilai penguatan di wilayah tersebut harus dilakukan. Dan saat ini cukup banyak perhatian yang diberikan pemerintah pusat dalam membangun wilayah perbatasan di Pulau Maratua.

Sejumlah fasilitas saat ini telah terbangun di Maratua, seperti listrik, jalan, dermaga dan bandara. Kedepan diharapkan pemerintah pusat semakin gencar melakukan pembangunan di sana. Sehingga target dalam mewujudkan kesejahteraan ekonomi di masyarakat perbatasan dapat tercapai.

“Salah satu yang berpotensi besar dalam peningkatan ekonomi ini yaitu pariwisata. Pemerintah daerah juga fokus dalam membangun wisata di Maratua ini untuk mendukung pengembangan ekonomi masyarakat,” pungkasnya. (advertorial/hms5)

Editor: Achmad Bintoro
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved