Breaking News:

Berita Pemkab Kutai Barat

Pasien Daftar Online dan Tentukan Dokternya, Puskesmas Barong Tongkok Akan Luncurkan Aplikasi Baru

inovasi baru untuk peningkatan dan kemudahan pelayanan terus dilakukan oleh Puskesmas Barong Tongkok, Kutai Barat

HUMASKAB KUBAR
APLIKASI BARU - UPT Puskesmas Barong Tongkok saat meraih juara II tingkat provinsi dalam ajang Penjaring Peserta Inovasi dan Kreativitas Pelayanan Perangkat Daerah (Pepes Ikan Peda) tahun 2020. Kini puskesmas tersebut kembali berinovasi dengan akan meluncurkan aplikasi baru, dimana pasien memungkinkan langsung mendaftar secara online sekaligus menentukan berobat ke poli mana dan dengan dokter siapa. 

SAMARINDA - Setelah meraih juara II tingkat provinsi dalam ajang Penjaring Peserta Inovasi dan Kreativitas Pelayanan Perangkat Daerah (Pepes Ikan Peda) tahun 2020, UPT Puskesmas Barong Tongkok terus berupaya tingkatkan pelayanan serta melakukan inovasi baru dengan meluncurkan aplikasi pendaftaran layanan online. Pasien langsung menentukan berobat ke poli mana dan dengan dokter siapa.

Ini dikemukakan Kepala UPT Puskesmas Barong Tongkok, Arbayanti AKep MSi, Senin (30/11) lalu. Dijelaskannya, dengan meraih juara tentu kualitas pelayanan harus ditingkatkan.

“Sesuai inovasi yang diikutkan Pepes Ikan Peda yakni menurunkan angka kematian ibu dan bayi. Harapan kedepan tidak ada lagi kematian ibu dan bayi khususnya di wilayah kerja Puskesmas Barong Tongkok,” ujar Arbayanti.

Saat ini, menurutnya, di Puskesmas Barong untuk pendaftaran pasien masih secara manual. Nantinya akan ada inovasi baru yang diluncurkan oleh Puskesmas Barong Tongkok bekerjasama dengan Diskominfo yakni aplikasi baru untuk mempermudah masyarakat mendapatkan pelayanan kesehatan.

“Aplikasi sudah disiapkan. Tinggal sistem pelaksanaanya saja yang perlu diatur. Dengan aplikasi ini tentu mempermudah pasien karena mendaftar secara online melalui aplikasi, dan secara otomatis melalui aplikasi diarahkan tujuan pasien, contohnya ibu hamil otomatis terkoneksi dengan layanan ibu hamil,” papar Arbayanti.

Awal Desember, Puskesmas Barong Tongkok memastikan sudah memasang aplikasi/sistem tersebut. Pada aplikasi tersebut tentu ada pilihan menu, pasien ingin berobat ke poli mana dan ingin berkonsultasi dengan dokter siapa. Di aplikasi tersebut juga tertera nama-nama dokter di Puskesmas Barong Tongkok.

Untuk memperkenalkan aplikasi tersebut kepada masyarakat, Puskesmas Barong Tongkok akan menggalang komitmen lintas sektor sekaligus melakukan sosialisasi agar masyarakat mengetahuinya.

Dengan aplikasi yang baru, kata Arbayanti, sangat diharapkan penambahan unit ambulance untuk menunjang transportasi. Karena saat ini Puskesmas Barong Tongkok hanya memiliki satu unit. Dengan sistem yang diluncurkan ada Program Jembatan yakni Jemput dan Antar Ibu Melahirkan.

“Kendala di lapangan, jika ambulance dipakai untuk merujuk pasien lainnya maka kita tidak bisa melakukan layanan Jemput dan Antar Ibu Melahirkan. Kami berharap dengan terobosan-terobosan yang diluncurkan ke depan, Puskesmas Barong Tongkok mendapatkan perhatian dari pemkab,” tambahnya.(adv/hms10/naw)

Editor: Achmad Bintoro
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved