Breaking News:

Berita Pemkab Kutai Barat

Strategi Tumbuhkan Minat Baca Masyarakat, Pemkab Kubar Kini Perluas Pojok Baca di Tempat Ini

Pemkab Kubar menggiatkan pencanangan literasi dengan membuka pojok baca di perangkat daerah, kantor camat dan sekolah

Editor: Achmad Bintoro
HUMASKAB KUBAR
POJOK BACA - Gubernur Kaltim Isran Noor dan Pjs Bupati Kutai Barat M Syirajudiiin (kiri) usai meresmikan Samsat Paten berkesempatan meninjau Pojok Baca di Kantor Camat Linggang Bigung. Ini strategi Pemkab Kubar untuk meningkatkan inat baca di masyarakat. 

SENDAWAR- Pemkab Kubar menggiatkan pencanangan literasi dengan membuka pojok baca di perangkat daerah, kantor camat dan sekolah. Tujuannya supaya semua masyarakat baik dari anak-anak sampai orangtua harus termotivasi untuk gemar membaca.

Hal ini penting terutama untuk anak bangsa yang akan melanjutkan sebagai generasi muda pemimpin masa depan.

“Itu harus dibiasakan untuk gemar membaca,”kata Pjs Bupati Kubar M Syirajudin, belum lama ini.
Diharapkan pojok baca ini nanti bisa dibuat di sudut-sudut (sebelah pelayanan paten) atau dibuat ruang untuk baca. Sehingga saat masyarakat berurusan di kantor tersebut bisa menyempatkan membaca.

Kemaren sudah dicanangkan untuk literasi di semua sekolah. “Alhamdulilah, di Kubar ini setelah dicanangkan ada sekitar 1.000 pojok belajar di sekolah. Berharap itu juga akan diikuti di PD di lingkungan Pemkab Kubar, termasuk di kecamatan.

Literasi ini bukan sekadar baca tulis, tetapi banyak hal. Misalnya, ada sains terkait bagaimana membangkitkan ekonomi kerakyatan dan bagaimana kita bisa mempertahankan budaya lokal?

Gemar membaca ini harus ditumbuhkan sejak dini dan harus diberikan kepada anak-anak. Orangtua pun diharapkan tidak pernah berhenti untuk membaca. Karena membaca itu sangat penting.

“Dengan membaca membuka wawasan baru dan dapat mencerdaskan intelektual, spritual, emosional serta kepercayaan diri yang berpadu dengan kerendahan hati,”ujarnya. (adv/hms6/naw)

Tags
Pojok Baca
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved