Breaking News:

Berita Pemkab Kutai Barat

Bangun Jalan Usaha Tani hingga Peremajaan Karet, Pemkab Kubar Fokus Kembangkan Pertanian

Wakil Bupati Edyanto Arkan didamping tim Dinas Pertanian meninjau langsung kondisi jalan usaha tani dan peremajaan karet

HUMASKAB KUBAR
PEREMAJAAN KARET - Wakil Bupati Edyanto Arkan didamping Dinas Pertanian meninjau jalan usaha tani dan peremajaan karet di Kampung Linggang Mapan, Kecamatan Linggang Bigung, Senin (7/12/2020) 

SENDAWAR- Tak lagi produktifnya karet di Kutai Barat karena berumur di atas 25 tahun membuat Pemkab kubar bersama Dinas Pertanian membuat kebijakan strategis berupa peremajaan karet. Ini dilakukan untuk menunjang perkebunan karet serta membangun jalan usaha tani di kampung-kampung.

Untuk memastikan kebijakan itu, Wakil Bupati Edyanto Arkan didamping tim Dinas Pertanian meninjau langsung kondisi jalan usaha tani dan peremajaan karet di Kampung Linggang Mapan, Kecamatan Linggang Bigung, Senin (7/12)

Menurut Wabup, ini salah satu revitalisasi usaha rakyat yakni perkebunan karet dengan memperbaiki akses jalan usaha tani sehingga angkutan karet bisa berjalan lancar. Lebih baik masyarakat melakukan peremajaan dan pemerintah melalui Dinas Pertanian memberikan bibit dan pupuk.

Lebih lanjut Edyanto menjelaskan, selama peremajaan petani bisa menanam padi dan sayur-mayur untuk menambah penghasilan keluarga. Sekarang sudah dilakukan peremajaan kurang lebih 300 hektare. Diharapkan masyarakat mengikuti program pemerintah untuk peremajaan dan kelanjutan perkebunan karet. Program ini akan berlanjut di tahun depan. Bagi masyarakat yang akan mengikuti, dapat berkoordinasi dengan Dinas Pertanian atau BPP di kecamatan terdekat.

Tanggapan masyarakat terhadap kebijakan ini cukup baik dan mendukung. Wakil Bupati juga menyebut harga karet sekarang yang sudah berangsur membaik.(adv/hms36/naw)

Editor: Achmad Bintoro
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved