News Video

NEWS VIDEO Malam Ini Hujan Meteor Geminid, Besok Ketampakan Terakhir Bulan Sabit Tua

Malam ini akan terjadi fenomena astronomi Hujan Meteor Geminid. Wilayah Indonesia termasuk yang akan dilewati fenomena hujan meteor ini

TRIBUNKALTIM.CO - Malam ini akan terjadi fenomena astronomi Hujan Meteor Geminid. Wilayah Indonesia termasuk yang akan dilewati fenomena hujan meteor ini pada 13-14 Desember 2020.

Pada pukul berapa dan bagaimana caranya apabila ingin menyaksikannya?

Kepala Bidang Diseminasi Pusat Sains Antariksa Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional ( Lapan) Emanuel Sungging mengatakan, hujan meteor dapat diamati selama langit tidak berawan dan bebas dari polusi cahaya.

"Iya (bisa diamati dengan mata telanjang), selama tidak berawan dan kondisinya minim polusi cahaya," kata Sungging saat dihubungi Kompas.com, Minggu (13/12/2020).

Menurut dia, seluruh wilayah Indonesia akan dapat menlihat fenomena alam ini. "(Teramati) dari semua tempat di Indonesia," paparnya.

Waktu terjadinya hujan meteor

Sungging menjelaskan, Hujan Meteor Geminid merupakan hujan meteor yang titik radian atau titik asal munculnya meteor berada di konstelasi Gemini.

Hujan meteor ini, lanjut Sungging, dapat disaksikan sejak pukul 20.00 WIB pada 13 Desember hingga pukul 05.00 WIB pada 14 Desember 2020. "Dengan intensitas berkisar 86-107 meteor per jam untuk wilayah Indonesia," ujar dia.

Adapun ketinggian titik radian saat kulminasi bervariasi mulai 45 derajat di Pulau Rote hingga 62 derajat di Pulau Weh.

Diberitakan sebelumnya, meteor-meteor Geminid memasuki atmosfer Bumi pada kecepatan 35 kilometer per detik.

Asteroid 3200 Phaethon

Dikutip dari Kompas.com (11/12/2020), astronom amatir Indonesia Marufin Sudibyo mengatakan, meteor ini sesungguhnya berasal dari remah-remah komet tak dikenal yang terpecah-pecah di masa silam.

Salah satu pecahannya membentuk asteroid 3200 Phaethon yaitu asteroid dekat Bumi kelas Apollo dengan periode revolusi 1,4 tahun.

Marufin berkata, hujan meteor Geminid ini terbilang menarik karena dikenal sebagai hujan meteor yang memiliki intensitas besar yaitu sekitar lebih dari 100 meteor per jam.

Halaman
12
Sumber: Kompas.com
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved