Breaking News:

Bawaslu Kutim Tegaskan Tidak Ada Temuan, Sehingga Tak Perlu Diadakan Pemungutan Suara Ulang

Mereka menyampaikan terkait penyelenggaraan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Kutai Timur.

Editor: Achmad Bintoro
HUMASKAB KUTIM
KONFERENSI PERS - Suasana konferensi pers di Sekretariat Bawaslu Kabupaten Kutai Timur. Hadir Andi Yusri SS., Muhammad Idris S.TP dan Budi Wibowo, SE. 

SANGATTA - Badan Pengawasan Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Kutai Timur mengadakan konferensi pers, Senin (14/12), di Sekretariat Bawaslu Kabupaten Kutai Timur.

Mereka menyampaikan terkait penyelenggaraan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Kutai Timur.

"Berdasarkan pengawasan di Tempat Pemungutan Suara(TPS) se-Kabupaten Kutai Timur, tidak ditemukan peristiwa yang mengakibatkan diadakannya pemungutan suara ulang sesuai dengan ketentuan Pasal 59 Peraturan Komisi Pemilihan Umum Nomor 8 tahun 2018 tentang Pemungutan dan Penghitungan Suara Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati, Walikota dan Wakil Walikota," ucap Muhammad Idris S.TP. Koordinator Divisi Hukum, Hubungan Masyarakat, Hubungan Antar Lembaga, Bawaslu Kutim

Pemungutan suara ulang masih berpotensi apabila, pasangan calon melakukan gugatan Perselisihan Hasil Pemilihan pada Mahkamah Konstitusi setelah Komisi Pemilihan Umum(KPU) Kutai Timur menetapkan Pasangan Calon yang terpilih.

"Bahwa masih ada potensi Pemungutan Suara Ulang(PSU) jika pasangan calon melakukan gugatan Perselisihan Hasil Pemilihan pada Mahkamah Konstitusi setelah Komisi Pemilihan Umum(KPU) Kutai Timur menetapkan Pasangan Calon terpilih berdasarkan Pasal 54 Peraturan Mahkamah Konstitusi Nomor 5 tahun 2020 tentang Tata Cara Beracara Dalam Perkara Perselisihan Hasil Pemilihan Gubernur, Bupati, dan Walikota," ungkap Idris.

Menurut pihak Bawaslu, pengawasan terhadap persiapan dan pelaksanaan pemungutan dan penghitungan suara di semua kecamatan se-Kabupaten Kutai Timur berjalan dengan baik.

"Penyelenggaraan pemungutan dan penghitungan suara di Kabupaten Kutai Timur secara umum berjalan dengan baik," kata Idris

Bawaslu memberikan apresiasi pada semua pihak yang telah membantu melancarkan prose Pilkada 2020 di Kabupaten Kutai Timur. "Kami mengapresiasi setinggi-tingginya, kepada semua calon, masyarakat pemilih, Pemerintah, dan TNI/Polri atas keberhasilan kita semua pada pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kutai Timur tahun 2020 yang berjalan sukses, aman, damai, dan sejuk," ujar Idris.(advertorial/m22)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved