Breaking News:

Pesan Bupati Kukar Edi Damansyah di Acara Gelaran Kesbangpol, Tanamkan Sikap Bela Negara

Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kutai Kartanegara menggelar peningkatan bela negara dan wawasan kebangsaan di Grand Elty Singgasana, Te

HO/PROKOM SETKAB KUKAR
Staf Ahli Bupati Kukar Bidang Ekonomi dan Pembangunan Wicaksono Soebagio membacakan sambutan tertulis Bupati Edi Damansyah. 

TRIBUNKALTIM.CO, TENGGARONG- Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kutai Kartanegara menggelar peningkatan bela negara dan wawasan kebangsaan di Grand Elty Singgasana Tenggarong, Selasa (15/12/2020).

Acara dibuka Staf Ahli Bupati Kukar Bidang Ekonomi dan Pembangunan Wicaksono Soebagio.

Kegiatan diikuti 30 orang perserta dari organisasi kemasyarakatan (ormas) Kerukunan Bubuhan Banjar cabang Kukar.

Acara juga dihadiri Camat Tenggarong Arfan Boma, perwakilan Kodim 0906 Tenggarong dan Polres Kukar.

Agenda diawali dengan pengalungan tanda peserta oleh Staf Ahli Bupati Kukar Wicaksono Soebagio kepada perwakilan peserta dan pelatih.

Bupati Kukar Edi Damansyah dalam sambutannya yang dibacakan Wicaksono Soebagio mengatakan, kondisi saat ini sangat mempengaruhi cara berpikir dan gaya hidup terutama generasi muda.

Dimana, menurutnya, jika kurang memahami filosofi hidup bernegara dan sejarah perjuangan bangsa akan menyebabkan semakin terkikisnya patriotisme bangsa hingga dikwatirkan dapat mengganggu atau menggoyangkan ketahanan bangsa bahkan mengendurkan semangat bela negara.

Baca juga: Bupati Kukar Edi Damansyah Komitmen Implementasikan Permen 53 tahun 2010 tentang Disiplin PNS

Baca juga: Bupati Kukar Edi Damansyah Terima Penghargaan dari Kemenkumham RI

Dia menambahkan, bela negara adalah hak dan kewajiban setiap warga negara Indonesia, di mana bela negara merupakan sikap dan prilaku yang dijiwai cinta NKRI berdasarkan Pancasila dan UUD 1945, yang rela berkorban demi kelangsungan hidup bangsa dan negara.

Lebih lanjut, Edi Damansyah mengatakan, dalam bela negara terdapat beberapa nilai yang ditanamkan, yaitu cinta tanah air, sadar akan berbangsa dan bernegara, Pancasila sebagai ideologi negara, rela berkorban untuk bangsa dan negara, serta memiliki kemampuan awal bela negara secara psikis dan fisik.

Di akhir sambutan tertulisnya, Edi Damansyah berharap kepada para peserta kader bela negara untuk mengikuti setiap kegiatan yang telah dijadwalkan oleh panitia dan pelatih dengan sepenuh hati dan rasa tanggung jawab.

(TribunKaltim.co/Sapri Maulana)

Penulis: Sapri Maulana
Editor: Rahmad Taufiq
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved