Breaking News:

News Video

NEWS VIDEO Kaltim Dapat SK TORA di Kabupaten Kukar Diapresiasi Gubernur

Ia pun juga turut meminta media massa turut memantau perkembangan SK yang diberikan presiden Joko Widodo itu.

Editor: Faizal Amir

TRIBUNKALTIM.CO- Gubernur Kalimantan Timur (Kaltim) Isran Noor mengapresiasi kebijakan pemerintah pusat. Salah satu bentuk kebijakan pemerintah pusat yang dirasakan pemerintah daerah yaitu penyerahan Surat Keputusan (SK) pengelolaan Hutan Sosial, Hutan Adat dan Tanah Obyek Reforma Agraria (TORA).

"Mudah-mudahan bermanfaat,"ucap Isran Noor. Ia mengatakan pihaknya akan terus mengawasi jika sewaktu-waktu masyarakat menyelewengkan SK tersebut. "Saya kira arahan Pak Presiden sudah jelas," ucapnya.

Baca juga: NEWS VIDEO Fabio Capello Sindir Juventus, Pirlo Bisa Taklukan AC Milan Tanpa Ronaldo

Baca juga: NEWS VIDEO Residivis Curanmor Diamankan Usai Mengulangi Tindak Pidana Pencurian Sepeda Motor

Bahkan ia meminta awak media juga turut mengawasi penggunaan SK tersebut di masyarakat. "Pengawasan sudah diawasi semua kalian yang awasi para wartawan," ucap Isran Noor.

Sementara itu Wakil Bupati Kutai Kartanegara (Kukar) Chairil Anwar berterimakasih terhadap kebijakan tersebut. Dengan adanya SK tersebut diharapkan dapat meningkatkan perekonomian di kawasan yang ditentukan. "Semoga dapat meningkatkan perekonomian di Kecamatan kenohan, Muara Jawa dan Kota Bangun," ucapnya.

Ia pun juga turut meminta media massa turut memantau perkembangan SK yang diberikan presiden Joko Widodo itu.

Sementara itu Presiden Joko Widodo  mengatakan pembagian SK tersebut untuk memberikan dampak ekonomi yang besar di daerah khususnya di wilayah hutan. Selain itu dengan adanya SK tersebut dapat mencegah terjadinya sengketa antara warga dengan pemerintah ataupun sengketa horizontal.

Sejak Lima tahun terakhir pemerintah memiliki perhatian khususnya redistribusi aset ini terkait kemiskinan dan ketimpangan ekonomi di pedesaan dan hutan. Ini Menjadi jawaban bagi banyaknya terjadi sengketa Agraria. Ini juga menjadi salhisatu jawaban sengketa Agraria yang Ada. Baik Antar masyarakat dengan masyarakat dan masyarakat dengan pemerintah.

"Ini tidak hanya sekedar membagikan SK saya cek terus lahan ini benar-benar dipakai untuk kegiatan prodouktif tidak ditelantarkan. Sehingga memberikan manfaat ekonomi yang besar bagi masyarakat. Tidak cukup pemberian hanya ini saja. Tapi juga dirumuskan aspek ushannya setelah mendapat Sk ini agar digunakan betul betul dan ramah lingkungan," ujarnya.

Joko Widodo mengingatkan pemberian SK ini jangan menjadi ajang kesempatan warga untuk menjual lahan yang telah diberikan SK tersebut. "Jangan sampai SK ini dipindah tangankan ke orang lain. Jadi manfaatkan untuk menanam tanaman produktif yang memiliki nilai ekonomi. Saya Kira banyak komiditi yang dikembangkan," ujar Joko Widodo.

Penyerahan dilakukan secara serentak di 17 provinsi di Indonesia. Di Kaltim sendiri, Gubernur Isran Noor berikan SK tersebut kepada masyarakat. (*)

Naskah: TribunKaltim.co / Jino Prayudi Kartono

Videografer: TribunKaltim.co / Jino Prayudi Kartono

Video Editor: TribunKaltim.co / Fz

Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved