Berita Paser Terkini

Dishub Paser Belum Bisa Rekomendasikan Kelayakan Kapal Perintis Kargo jadi Transportasi Umum

Tersiar kabar adanya kapal perintis kargo sekaligus mengangkut penumpang yang beroperasi di Pelabuhan Pondong Kabupaten Paser.

Penulis: Syaifullah Ibrahim | Editor: Budi Susilo
TRIBUNKALTIM.CO/SYAIFULLAH IBRAHIM
Tersiar kabar adanya kapal perintis kargo sekaligus mengangkut penumpang yang beroperasi di Pelabuhan Pondong, Kabupaten Paser, Provinsi Kalimantan Timur pada Rabu (13/1/2021). TRIBUNKALTIM.CO/SYAIFULLAH IBRAHIM 

TRIBUNKALTIM.CO, TANA PASER - Tersiar kabar adanya kapal perintis kargo sekaligus mengangkut penumpang yang beroperasi di Pelabuhan Pondong, Kabupaten Paser, Provinsi Kalimantan Timur pada Rabu (13/1/2021).

Menanggapi hal tersebut, Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Paser Kalimantan Timur, Inayatullah, mengatakan, Pemerintah Daerah belum bisa merekomendasikan terkait kelayakan kapal perintis kargo tersebut.

Inayatullah menekankan, mestinya kapal tersebut tidak bisa mengangkut penumpang mengingat statusnya sebagai kapal kargo.

Mestinya kapal kargo tidak bisa dicampur menjadi kapal penumpang.

Baca juga: Musim Hujan di Penajam Paser Utara, Jalanan Desa Sebakung Jaya Rusak, Infrastruktur Andalan Petani

Baca juga: Dishub Paser Dapat Panji Keberhasilan Pembangunan Perhubungan Dari Pemprov Kaltim

Baca juga: Asap Knalpot Masuk ke Kabin Penumpang, Dishub Paser Uji Petik di Terminal Km 7 Tepian Batang

"Ada beberapa hal yang menjadi pertimbangan utamanya dari faktor keselamatan, keamanan, dan kenyamanan," ungkapnya saat dikonfirmasi melalui WA oleh TribunKaltim.co.

Menurutnya, kapal tersebut masih bersifat sebagai kapal perintis maka seharusnya menggunakan kapal yang memang diperuntukan untuk penumpang.

Sejauh ini lanjutnya, pihaknya belum melakukan pemeriksaan secara langsung mengenai kondisi kapal tersebut.

"Sejauh ini kami belum pernah melakukan  pemeriksaan secara langsug tentang kondisi kapal, apakah layak tidaknya untuk dijadikan kapal penumpang yg mengedepankan keamanan, kenyamanan dan keselamatan penumpang," jelas Inayatullah.

Baca juga: Meminimalisir Risiko Keselamatan Pengguna Jalan, Dishub Paser akan Lengkapi Rambu Lalin Jalur 2 Km 8

Baca juga: Dishub Paser Dukung Pembangunan Terminal Type A, Ini Alasannya

Kadishub Paser mengungkapkan, informasi yang diperoleh dari pihak KUPP mengakui belum ada koordinasi sebelumnya dimana kapal tersebut tiba-tiba saja datang dan merapat di Pelabuhan Pondong.

Untuk itu, Inayatullah menghimbau agar masyarakat Kabupaten Paser mengurungkan niat menggunakan kapal tersebut dalam melakukan perjalanan, mengingat belum pernah dilakukan pengecekan kondisi oleh KUPP yang bekerja sama dengan Dishub Paser.

"Kami siap setiap saat menurunkan anggota utk melakukan pengecekan apabila sudah ada kontak dari Kapten Rahman selaku Kepala KUPP ketika kapal tersebut datang dan dan sandar lagi di Pelabuhan Pondong," tutupnya.

Sebelumnya, sudah ramai diperbincankan oleh netizen di media sosial terkait adanya moda transportasi kapal perintis kargo yang mengangkut penumpang.

Baca juga: Ramp Check Angkutan Penumpang Sudah Dimulai, Dishub Paser Siapkan Angkutan Lebaran 2019

Baca juga: VIDEO Jelang Mudik Idul Fitri 2019, Dishub Paser Gelar Ramp Check Kendaraan di Sejumlah Lokasi

Baca juga: Lampu Hijau Traffic Light Bergelantungan di Kabel, Dishub Paser Gerak Cepat Merespon Laporan Warga

Berbagai komentar netizen mendukung adanya kapal perintis kargo tersebut yang mengangkut penumpang, beberapa diantaranya yaitu dari akun sosmed yang berkomentar meliputi:

Totok Tanjaru, 'Alhamdulilah ada perkembangan masalah transportasi' tulisnya dengan emoji jempol.

Halaman
123
Sumber: Tribun Kaltim
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved