Breaking News:

Berita Malinau Terkini

Pesan Presiden Jokowi di Rakornas Pertanian, Pemkab Malinau Bakal Evaluasi Distribusi Pupuk Subsidi

Pemkab Malinau melalui Dinas Pertanian Kabupaten Malinau tengah menyusun skema anggaran untuk distribusi pupuk tahun 2021

Editor: Budi Susilo
TRIBUNKALTIM.CO/MOHAMMAD SUPRI
BERCOCOK TANAM - Seorang petani tengah mengaplikasikan pupuk organik cair (POC) di lahan pertanian miliknya, di Desa Malinau Hilir, Kecamatan Malinau Kota, Kabupaten Malinau, Provinsi Kalimantan Utara 

TRIBUNKALTIM.CO, MALINAU - Pemkab Malinau melalui Dinas Pertanian Kabupaten Malinau tengah menyusun skema anggaran untuk distribusi pupuk tahun 2021 bagi kelompok tani di Kabupaten Malinau, Provinsi Kalimantan Utara.

Kepala Dinas Pertanian, Afri ST Padan mengatakan tahun ini pihaknya dalam tahapan penganggaran bantuan pertanian tahun 2021, Sabtu (16/1/2021).

"Tahun ini kita sudah persiapkan anggaran pertanian untuk tahun 2021. Dan untuk pupuk subsidi kemungkinan ada peningkatan jumlah dari tahun sebelumnya," ujarnya kepada TribunKaltara.com

Menurut Afri, hasil pantauan Dinas Pertanian Kabupaten Malinau selama 3 tahun terakhir, konsumsi pupuk di Kabupaten Malinau mengalami peningkatan.

Baca juga: Desa di Pedalaman Malinau Sukses Bentuk SID Digital, Ini Metode Kerjanya

Baca juga: Kasus Covid-19 Kian Meningkat di Malinau, 19 Desa Terapkan Isolasi Wilayah Parsial

Baca juga: Melihat Peran SID Digital Desa Long Pada Kabupaten Malinau, KKI Warsi Bekali Keterampilan Warga

Peningkatan tersebut diakibatkan usaha pertanian semakin berkembang di Kabupaten Malinau.

Selain itu, sebagian besar petani di Kabupaten Malinau semakin menyadari efektivitas hasil panen dengan perlakuan pupuk teratur pada tanaman.

"Penggunaan pupuk semakin meningkat di Kabupaten Malinau. Kalau dulu kurang, sekarang sudah bertambah," ucapnya.

Afri mengatakan distribusi pupuk merupakan satu dari sekian permasalahan penyaluran pupuk bersubsidi di tingkat petani di Kabupaten Malinau

Hal tersebut juga disinggung oleh Presiden Joko Widodo dalam rapat koordinasi nasional pembangunan pertanian 2021 atau Rakornas Pembangunan Pertanian 2021.

Saat itu, Presiden Joko Widodo ( Jokowi ) mengatakan selama 10 tahun, pemerintah terus menggelontorkan dana senilai Rp 33 triliun per tahun untuk pembiayaan pupuk bersubsidi.

Halaman
12
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved