Breaking News:

Virus Corona di Kaltim

Menyandang Kasus Covid Tertinggi se-Kaltim, Balikpapan Malah Terima Vaksin Sinovac Februari Nanti

Kota Balikpapan baru mendapatkan vaksin sinovac tahap pertama pada bulan Februari mendatang. Padahal jumlah kasus terkonfirmasi positif di Kota Balik

TRIBUNKALTIM.CO/JINO PRAYUDI KARTONO
Wakil Ketua DPRD Kaltim Muhammad Samsun menjadi orang pertama di Kaltim yang mendapatkan vaksin covid-19, Kamis (14/1/2021) silam. Kaltim mendapatkan jatah vaksin Covid-19 25.520 dosis. Hanya Samarinda dan Kukar yang saat ini menerima jatah puluhan ribu vaksin tersebut. TRIBUNKALTIM.CO/JINO PRAYUDI KARTONO 

TRIBUNKALTIM.CO, SAMARINDA- Kota Balikpapan baru mendapatkan vaksin sinovac tahap pertama pada bulan Februari mendatang.

Padahal jumlah kasus terkonfirmasi positif di Kota Balikpapan cukup tinggi.

Berdasarkan dari data Dinas Kesehatan Kaltim, Sabtu (16/1/2021), Kota Balikpapan menduduki peringkat pertama jumlah kasus terkonfirmasi.

Baca juga: 2 Hari Misterius, Kapal Logistik Hilang Saat Perjalanan dari Balikpapan Menuju Kepulauan Balabalagan

Baca juga: Diduga Jadi Penyebab Banjir, DPRD Samarinda Minta Kejelasan Izin Pergudangan di Jalan P Suryanata

Baca juga: Pecahkan Rekor Baru, 167 Kasus Positif di Kota Balikpapan Didominasi Usia Muda

Berdasarkan data tersebut, kasus terkonfirmasi covid-19 di Balikpapan tercatat sekitar 7.692 kasus. Sedangkan Kota Samarinda berada di posisi kedua yaitu 7.667 kasus disusul Kutai Kartanegara (Kukar) berada di posisi ketiga dengan 5.772 kasus.

Dengan catatan tersebut, Balikpapan tidak memperoleh vaksin covid-19 tahap pertama yang dilakukan pada Kamis (14/1/2021).

Hanya Samarinda dan Kukar yang mendapatkan vaksin sinovac pada tanggal tersebut.

Kepala Dinas Kesehatan Kaltim dr Padilah Mante Runa, Minggu (17/1/2021) mengatakan, hal tersebut tergantung berdasarkan keputusan pemerintah pusat.

Padahal sebelum vaksin tersebut tiba, ia pun menyurati Kementerian kesehatan untuk mendistribusikan vaksin itu ke seluruh daerah Kaltim, salah satunya Balikpapan.

Namun pemerintah pusat mengeluarkan perintah untuk memvaksinasi tenaga kesehatan (Nakes) di Samarinda maupun Kukar.

"Di Kaltim hanya 2 daerah saja yang akan diberikan vaksin yakni Samarinda dan Kukar. Kukar dipilih karena lokasinya paling dekat dengan ibu kota provinsi. Saya tidak tahu apa, yang jelas itulah arahan dari pusat. Saya tidak bisa melanggar surat dari Kemenkes," kata Padilah Mante Runa.

Halaman
12
Penulis: Jino Prayudi Kartono
Editor: Rahmad Taufiq
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved