Breaking News:

Virus Corona di Berau

Langgar Protokol Kesehatan di Wilayah Kutai Barat, Siap-siap Kena Denda Rp 100 Ribu

Pemerintah Kabupaten Kutai Barat bersama Tim Gugus Tugas Pengamanan covid-19 mulai memberlakukan denda atau sanksi terhadap pelanggar protokol kesehat

Penulis: Zainul | Editor: Rahmad Taufiq
TRIBUNKALTIM.CO/ZAINUL MARSYAFI
Ilustrasi aparat gabungan melakukan razia pelanggar hukum protokol kesehatan covid-19 di Kutai Barat. TRIBUNKALTIM.CO/ZAINUL MARSYAFI 

TRIBUNKALTIM.CO, SENDAWAR- Pemerintah Kabupaten Kutai Barat bersama Tim Gugus Tugas Pengamanan covid-19 mulai memberlakukan denda atau sanksi terhadap pelanggar protokol kesehatan.

Adapun jenis pelanggaran protokol kesehatan itu, di antaranya adalah tidak memakai masker, mengadakan kegiatan yang berpotensi menimbulkan kerumunan dan sejenisnya.

"Kami melaksanakan penindakan gabungan bersama TNI/Polri, BPBD, Satpol PP, Dishub, dan Tagana. Beserta tim kesehatan dari Dinas Kesehatan, RS. HISS dan juga Bank Kaltimtara. Serta pihak Kecamatan Barong Tongkok," ucap Ayonius selaku Sekretaris Daerah Kubar, Senin (18/1/2021).

Baca juga: Menyandang Kasus Covid Tertinggi se-Kaltim, Balikpapan Malah Terima Vaksin Sinovac Februari Nanti

Baca juga: 18 Januari 2021, Dinsos Kaltim Kirim Tagana ke Tempat Banjir Kalimantan Selatan, Ini Komposisinya

Baca juga: Prakiraan Cuaca Balikpapan Minggu 17 Januari 2021, Sepanjang Hari Cerah Berawan dan Berawan Tebal

Penindakan terhadap pelanggar protokol kesehatan itu dilakukan sesuai Peraturan Bupati (Perbup) nomor 30 tahun 2020 tentang penerapan disiplin dan penegakan hukum protokol kesehatan sebagai upaya pencegahan dan pengendalian covid-19.

Namun selama ini baru dilakukan sebatas sosialisasi dan imbauan kepada masyarakat.

Karena dirasa sosialisasi serta imbauan tersebut kurang dipatuhi sehingga penindakan harus dilakukan guna mencegah penyebaran Virus Corona akibat tidak disiplinnya menjalankan protokol kesehatan.

"Tujuan kita memberikan kesadaran kepada masyarakat dan bukan membiarkan. Dengan harapan ini dapat memutus mata rantai penyebaran virus tersebut," tuturnya.

Penindakan prokes tersebut dilakukan di empat titik yakni Simpang Busur, Simpang 3 Belempung, Lokasi Klinik Tanaa Purai Ngeriman dan Depan Gelanggang Olah Raga (GOR) Desnan.

Yang mana keempat titik tersebut berada di ibu kota kabupaten yang hingga kini mempunyai banyak kasus terkonfirmasi positif covid-19.

Dia berpesan agar para petugas yang melaksanakan tugas ini dapat melaksanakan tugas dan fungsinya dengan penuh tanggung jawab dan selalu menjaga kesehatan bersama.

Halaman
12
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved