Breaking News:

Berita Kaltara Terkini

Usai Penetapan, KPU Ajukan Usulan Pelantikan Gubernur dan Wagub Kaltara ke Pemprov dan DPRD

KPU Kaltara telah menetapkan pasangan Zainal Arifin Paliwang dan Yansen Tipa Padan sebagai Gubernur dan Wakil Gubernur Kaltara terpilih di Hotel Pange

Penulis: Maulana Ilhami Fawdi | Editor: Rahmad Taufiq
TRIBUNKALTARA.COM/MAULANA ILHAMI FAWDI
Ketua KPU Kaltara, Suryanata Al Islami mengatakan pihak KPU Kaltara akan mengirimkan pengajuan pengusulan pelantikan ke DPRD dan Pemprov Kaltara untuk nanti ditindaklanjuti oleh Kementerian Dalam Negeri. TRIBUNKALTARA.COM/MAULANA ILHAMI FAWDI 

TRIBUNKALTIM.CO, TANJUNG SELOR- KPU Kaltara telah menetapkan pasangan Zainal Arifin Paliwang dan Yansen Tipa Padan sebagai Gubernur dan Wakil Gubernur Kaltara terpilih di Hotel Pangeran Khar pada Kamis (21/1/2021) kemarin.

Ditanya mengenai proses pelantikan, pihak KPU Kaltara mengatakan, akan mengirimkan pengajuan pengusulan pelantikan ke DPRD dan Pemprov Kaltara untuk nanti ditindaklanjuti oleh Kementerian Dalam Negeri.

"Setelah penetapan, kami akan ajukan pengusulan pelantikan pasangan Gubernur dan Wakil Gubernur terpilih, kami akan menyurati Pemprov dan DPRD Kaltara untuk pengajuan pengusulan pelantikan," ujar Ketua KPU Kaltara, Suryanata Al Islami, Jumat (22/1/2021).

Baca juga: Bangunan Sarang Walet di Paser Kalimantan Timur Banyak Tidak Mengantongi IMB

Baca juga: Warga Sekitar Pantai Nipah-nipah Penajam Mengeluh, Lokasi Wisata Dijadikan Tempat Pesta Miras

Baca juga: Empat Dokter di Rumah Sakit Balikpapan Terpapar Covid-19

Meskipun demikian, pihaknya belum mengetahui mekanisme dan waktu pasti dilaksanakannya pelantikan Gubernur dan Wakil Gubernur Kaltara terpilih.

"Untuk waktu, proses dan mekanismenya, kami belum tahu, karena itu keputusannya pemerintah pusat dan Kemendagri," imbuhnya.

KPU Kaltara memiliki waktu tiga hari kerja sejak penetapan dilakukan, untuk mengajukan pengusulan pelantikan.

"Yang jelas kami punya waktu tiga hari sejak penetapan, hari ini kami siapkan dokumen untuk diserahkan ke Pemrpov dan DPRD Kaltim," tuturnya.

Mengenai gugatan ke PTUN yang dilakukan oleh pasangan Iraw kepada KPU Kaltara mengenai cacat hukumnya tahapan penetapan Cagub Zainal Arifin Paliwang, pihaknya memastikan, penetapan gubernur dan wakil gubernur terpilih tidak berubah, dan pengajuan pengusulan pelantikan tetap berjalan.

"Tentu kami hormati langkah hukum yang diajukan paslon ke PTUN, untuk gugatan pasca 9 Desember itu pasangan calon bisa ke MK untuk pengajuan sengketa hasil pemilihan. Namun, untuk gugatan ke PTUN mengenai tahapan penetapan calon, itu sudah kami lewati tahapannya sebelum pilkada kemarin," ucapnya.

(TribunKaltara.com/Maulana Ilhami Fawdi)

Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved