Breaking News:

Berita Kaltim Terkini

Klaim Pembayaran BPJS Ketenagakerjaan Wilayah Kalimantan Tahun 2020 Mencapai 273,647 Kasus

Pandemi Corona atau covid-19 telah menekan perekonomian nasional hingga membuat berbagai perusahaan harus melakukan pemutusan hubungan kerja.

HO/BPJS Ketenagakerjaan
Pandemi Corona atau covid-19 telah menekan perekonomian nasional hingga membuat berbagai perusahaan harus melakukan pemutusan hubungan kerja ( PHK ). 

TRIBUNKALTIM.CO, BALIKPAPAN – Pandemi Corona atau covid-19 telah menekan perekonomian nasional hingga membuat berbagai perusahaan harus melakukan pemutusan hubungan kerja ( PHK ).

Oleh sebab itu menjadi alasan beberapa warga Kalimantan untuk mengklaim jaminan hari tua.

Ditahun 2020 BPJS Ketenagakerjaan Wilayah Kalimantan klaim JHT dengan kasus sebanyak 173,647 dan total pembiayaan kurang lebih Rp 1 triliun lebih.

Sementara klian JKK dengan total kasus 9,103 dengan nominal Rp 97 miliar.

Baca juga: Update Kabar BLT BPJS Ketenagakerjaan 2021, Solusi untuk Rekening Pencairan BSU yang Bermasalah

Baca juga: Apakah Ada Lagi BLT BPJS Ketenagakerjaan Tahun 2021? Kabar BSU Terkait Rekening yang Bermasalah

Dan klaim JKM dengan kasus 2,804 dengan total nominal Rp 111 miliar, serta klaim JP dengan kasus 4,602 dan total nominal Rp 25 miliar.

Arif Zahari selaku Deputi Wilayah BPJS Ketenagakerjaan Kalimantan mengatakan, dengan peningkatan pembayaran klaim JHT BPJAMSOSTEK tersebut menandakan pelayanan hak jaminan sosial masih dapat dikategorikan normal jika memang memenuhi persyaratan pada saat banyaknya PHK sekarang.

Melonjaknya pembayaran manfaat klaim JHT itu diindikasikan juga terkait akibat dampak banyaknya terjadi Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) karyawan, akibat krisis pandemi global wabah virus Covid-19, yang juga melanda Indonesia.

"Hal itu dimaksudkan agar tidak semakin menambah kesulitan ekonomi masyarakat di tengah krisis akibat pandemi virus corona,” katanya melalui rilis yang diterima Tribun Kaltim.

Klaim peserta BPJamsostek atau BPJS Ketenagakerjaan untuk membantu masyrakat, jika mereka ingin berwirausaha atau modal memulai pekerjaan baru.

Iuran Jaminan Peserta BPJS Ketenagakerjaan Naik

Halaman
1234
Penulis: Siti Zubaidah
Editor: Budi Susilo
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved