Breaking News:

Berita Malinau Terkini

Warga Desa Malinau Hulu, Kembangkan Mesin Teknologi Tepat Guna, Bantu Meringankan Pekerjaan Petani

Seorang warga Desa Malinau Hulu, Kecamatan Malinau Kota, Hasbullah mengembangkan teknologi tepat guna.

TRIBUNKALTIM.CO/MOHAMMAD SUPRI
INOVASI - Pemanfaatan teknologi tepat guna (TTG) berupa mesin pertanian sederhana yang dikembangkan Hasbullah dan rekan-rekan di kediaman miliknya, di Desa Malinau Hulu, Kabupaten Malinau, Provinsi Kalimantan Utara, Selasa (2/2/2021). 

TRIBUNKALTIM.CO, MALINAU - Seorang warga Desa Malinau Hulu, Kecamatan Malinau Kota, Hasbullah mengembangkan teknologi tepat guna (TTG) untuk membantu pekerjaan Petani di Kabupaten Malinau, Provinsi Kalimantan Utara.

Ditemui di kediamannya, Hasbullah mengatakan TTG yang dikembangkan sebagian besar merupakan alat atau mesin pertanian sederhana.

TTG yang dikembangkan oleh Hasbullah antara lain mesin perontok padi, roda apung untuk traktor pembajak sawah dan beberapa inovasi lain di bidang pertanian.

"Awalnya memang hobi, niatnya alat ini dikembangkan untuk meringankan kerja petani di sawah," ungkapnya kepada TribunKaltara.com, Selasa (2/2/2021).

Baca Juga: Ahok Utus 2 Petinggi Pertamina Temui Walikota Balikpapan Rizal Effendi, Sepakat WFH 75 Persen

Menurut Hasbullah, ide untuk mengembangkan alat-alat pertanian tersebut muncul setelah melihat kebutuhan dan keadaan ekonomi petani.

Dia mengatakan, masyarakat utamanya petani tidak mampu membeli mesin dan alat-alat pertanian moderen dikarenakan harganya tidak terjangkau.

"Karena alat pertanian, mesin moderen harganya mahal. Petani nda mampu beli. Jadi kita inisiatif untuk buat sendiri," katanya.

Hasbullah mengatakan alat dan mesin pertanian sederhana yang dikembangkan sendiri oleh inovator desa memiliki sejumlah kelebihan.

Diantaranya, biaya produksi lebih murah, kegunaan bisa disesuaikan dengan peruntukan, serta lebih mudah dari segi pengoperasian.

Halaman
12
Editor: Budi Susilo
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved