Breaking News:

Virus Corona di Balikpapan

Jumlah Petani di Balikpapan Bertambah, Pandemi Covid-19 tak Pengaruhi Aktivitas Pertanian

Kepala Dinas Pangan Pertanian dan Perikanan (DP3) Kota Balikpapan Heria Prisni menyebut aktivitas pertanian di Balikpapan

Penulis: Heriani AM | Editor: Budi Susilo
TRIBUNKALTIM.CO/HERIANI
Kepala Dinas Pangan Pertanian dan Perikanan (DP3) Balikpapan Heria Prisni di Kota Balikpapan, Kalimantan Timur. 

TRIBUNKALTIM.CO, BALIKPAPAN - Kepala Dinas Pangan Pertanian dan Perikanan (DP3) Kota Balikpapan Heria Prisni menyebut aktivitas pertanian di Balikpapan, Provinsi Kalimantan Timur, tidak terpengaruh pandemi Covid-19 atau Corona

Hal ini dibuktikan dengan bertambahnya jumlah petani. Khususnya petani hidroponik yang memanfaatkan lahan pekarangan.

Salah satu faktor penyebab bertambahnya jumlah petani ini, sebut Heria karena tenaga kerja yang terdampak pemutusan hubungan kerja (PHK) selama wabah berlangsung.

"Yang tadinya bukan latar belakang petani, beralih ke pertanian lagi. Ada yang bercocok tanam dan budidaya lele. Kami bantu fasilitasi," ujar Heria kepada Tribun Kaltim pada Rabu (3/2/2021).

Baca Juga: UPDATE Virus Corona di Samarinda, Meninggal Dunia 6 Orang karena Covid-19, Zona Merah 8 Daerah

Baca Juga: Ikuti Arahan Pemerintah Pusat, Pemkab Berau Terapkan Jam Operasional untuk Memutus Penyebaran Corona

Jumlah kelompok tani di kota Minyak berjumlah sekira 300-an. Tentu saja rata-rata kelompok tani sebanyak 10 sampai 20 orang petani.

Sehingga total bisa lebih dari 3000-an. Untuk jumlah total penambahan selama pandemi, perempuan berkacama ini belum bisa memberi angka pasti.

Lanjutnya, diantara jumlah tersebut, ada kelompok tani nelayan. Yang mana dalam kesehariannya melakukan aktivitas melaut.

"Aktivitas bertani malah lebih menyehatkan. Karena kita 'kan beraktivitas di luar ruangan. Banyak bergerak dan bukan di rumah saja," jelasnya.

Halaman
123
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved