Breaking News:

Berita Penajam Terkini

SMKN 4 Penajam Paser Utara Bentuk Satgas Covid-19 untuk Persiapan Belajar Tatap Muka

Persiapan Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga PPU masih dalam tahap simulasi yang akan dilaksanakan pada pekan depan secara bertahap.

Penulis: Dian Mulia Sari | Editor: Adhinata Kusuma
TRIBUNKALTIM/DIAN MS
SMKN 4 Penajam Paser Utara yang terletak di Desa Sesulu, Kecamatan Waru, Kabupaten PPU mengaku telah siap melaksanakan pembelajaran tatap muka. 

TRIBUNKALTIM.CO, PENAJAM - Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) Tatap Muka di Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) saat ini masih dalam tahap persiapan.

Saat ini persiapan Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Dispora) PPU masih dalam tahap simulasi yang akan dilaksanakan pada pekan depan secara bertahap di setiap sekolah - sekolah yang ada di PPU.

Sementara itu, SMKN 4 Penajam Paser Utara yang terletak di Desa Sesulu, Kecamatan Waru, Kabupaten PPU mengaku telah siap melaksanakan pembelajaran tatap muka.

UMKM Penajam Paser Utara Butuh Pendamping Pemkab, Cara Bertahan di Masa Sulit Pandemi Corona

Disdikpora Penajam Paser Utara akan Jalani Simulasi Pembelajaran Tatap Muka di Sekolah meski Pandemi

Sebab, pihaknya telah mengeluarkan surat kepanitiaan Satgas Percepatan Penanganan Covid-19 dalam menyambut pembelajaran tatap muka.

Di dalam Satgas Covid-19 tersebut akan melibatkan guru, petugas kemanan, petugas kebersihan sekolah, serta bekerja sama dengan pihak puskesmas kecamatan Waru.

Adapun beberapa bidang di dalam satgas covid-19 yakni bidang pembelajaran, psikososial dan tata ruang.

"SK nya sudah diterbitkan di situ ada tiga pembagian bidangnya meliputi bagian pembelajaran, psikososial, kebersihan, kesehatan dan tata ruang," kata Wakil Kepala Sekolah Bidang Humas SMKN 4 Penajam Paser Utara, Andi Ardiansah.

"Kalau untuk Psikososial itu misalnya ada yang positif itu bagaimana guru bisa memberikan semacam pencerahan atau penjelasan siswa lain agar tidak membuat temannya menjauhinya seolah yang kena covid-19 itu aib, di situ kadang-kadang yang menjadi problem di masyarakat kita," imbuhnya.

SMKN 4 PPU juga telah bekerja sama dengan pihak puskesmas kecamatan Waru untuk melaksanakan pemeriksaan Rapid Antigen untuk para guru serta Satgas Covid-19 lingkup sekolah

"Kita kerja sama dengan kepala Puskesmas apabila pembelajaran tatap muka dimulai bisa dibantu untuk melaksanakan rapid antigen termasuk melakukan pengawasan. Itu salah satu upaya yang kita lakukan," ujarnya.

Selain membentuk Satgas Covid-19 dalam menyambut pembelajaran tatap muka pihaknya juga telah mempersiapkan protokol kesehatan Covid-19 seperti bilik sterilisasi, wastafel untuk mencuci tangan, handsanitizer serta mengatur jarak posisi meja belajar siswa.

"Tapi sekolah tetap menunggu arahan dari pemerintah, apakah pembelajaran tatap muka diizinkan dalam waktu dekat ini apa belum. Tapi intinya sekolah sudah siap melaksanakan tatap muka," pungkasnya.

(*)

Penulis: Dian Mulia Sari

Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved