Breaking News:

Sapi Donggala Tiba di Berau Kondisi Sehat, BKP Tarakan Ingatkan Lapor Karantina Sebelum Pengiriman

Pejabat Karantina Pertanian Tarakan wilayah kerja Berau memeriksa sembilan ekor sapi potong yang diangkut KLM. Baliem Jaya dari Kabupaten Donggala.

HO
Sejumlah sapi Donggala yang tiba di Kabupaten Berau. (HO/BKP Tarakan) 

TRIBUNKALTARA.COM, TARAKAN - Pejabat Karantina Pertanian Tarakan wilayah kerja Berau melakukan pemeriksaan terhadap sembilan ekor sapi potong yang diangkut KLM. Baliem Jaya dari Kabupaten Donggala, Sulawesi Tengah.

Sapi dari Sulawesi Tengah ini rutin masuk ke Berau 3 sampai 4 kali dalam sebulan, untuk memenuhi kebutuhan protein hewani.

Hasil pemeriksaan, sapi-sapi tersebut dinyatakan dalam keadaan sehat.

Pejabat Karantina Pertanian Tarakan wilayah kerja Berau melakukan pemeriksaan terhadap sembilan ekor sapi potong yang diangkut KLM. Baliem Jaya dari Kabupaten Donggala.
Pejabat Karantina Pertanian Tarakan wilayah kerja Berau melakukan pemeriksaan terhadap sembilan ekor sapi potong yang diangkut KLM. Baliem Jaya dari Kabupaten Donggala. (HO)

Begitu juga dengan dokumen yang lengkap, serta jumlah dan jenis sesuai, sehingga dapat diterbitkan sertifikat pelepasan (KH-14).

Sapi potong dikenal sebagai ternak ruminansia yang dipelihara untuk dimanfaatkan dagingnya.

Daging sapi sebagai salah satu sumber protein hewani yang umum dikonsumsi masyarakat Indonesia, selain daging ayam dan kambing.

"Permintaan akan hewan ternak sapi biasanya meningkat, terutama mendekati hari-hari besar keagamaan," ujar Kepala Balai Karantina Pertanian Tarakan, drh Akhmad Alfaraby, Senin (8/2/21)

Kesehatan hewan sangat penting untuk menjamin produk hewan yang dihasilkan aman dikonsumsi, dan untuk mencegah penyebaran hama penyakit karantina dari satu area ke area lain.

"Oleh karena itu, jangan lupa lapor karantina sebelum melalulintaskan hewan, produk hewan, dan komoditas pertanian lainnya," katanya. (*)

Penulis: Risnawati
Editor: Sumarsono
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved