Breaking News:

Ibu Kota Negara

Batu Bara akan Habis, Paser Kembangkan Pertanian jadi Penyangga Ibu Kota Negara di Kalimantan

Potensi pertanian di Kabupaten Paser, Provinsi Kalimantan Timur sangat besar karena itu, pengembangan basis ekonomi terbarukan akan menjadi andalan.

TRIBUNKALTIM.CO/NEVRIANTO HARDI PRASETYO
Cocok tanam, pertanian di Kalimantan Timur. Potensi pertanian di Kabupaten Paser, Provinsi Kalimantan Timur sangat besar karena itu, pengembangan basis ekonomi terbarukan akan menjadi andalan.  

TRIBUNKALTIM.CO, TANA PASER - Potensi pertanian di Kabupaten Paser, Provinsi Kalimantan Timur sangat besar karena itu, pengembangan basis ekonomi terbarukan akan menjadi andalan. 

Terlebih dalam kesiapan sebagai penopang kebutuhan pokok pangan dari Ibu Kota Negara Indonesia di Kalimantan Timur

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Paser Kalimantan Timur, mencanangkan daerah lumbung pangan dalam rangka persiapan penyangga Ibu Kota Negara (IKN) yang baru.

Hal tersebut dilakukan agar terlapas dari ketergantungan pada tambang batu bara yang suatu saat akan habis.

Baca Juga: Dua RT di Graha Indah Balikpapan, Terbanyak Sumbang Kasus Covid-19, Kini Pembatasan Jam Malam

Baca Juga: Kronologi Kecelakaan Beruntun di Muara Rapak Balikpapan, Diduga Truk jadi Biang, Mengangkut Beras

Demikian dibeberkan oleh Asisten Ekonomi dan Pembangunan Setda Paser Ina Rosana kepada Tribun Kaltim pada Selasa (9/2/2021).

Dia mengatakan, saat ini Kabupaten Paser fokus pengembangan pertanian.

"Kalau saat ini, kita akan fokuskan pada pengembangan Pertanian sebagaimana yang diwacanakan pada rapat kemarin, jadi kita tidak lagi bergantung pada tambang dan batu bara," tandas Ina.

Menurutnya, Kabupaten Paser merupakan satu dari 10 kabupaten/kota di Provinsi Kalimantan Timur yang dicanangkan sebagai Daerah lumbung pangan.

Sebagai upaya dalam mendukung wacana tersebut, lanjut Ina, Pemkab Paser perlu meningkatkan sumber daya yang ada sebagai Daerah lumbung pangan.

"Ini yang harus kita genjot kedepannya, bagaimana target dari Provinsi ini bisa kita realisasikan, baik itu dari sisi SDM, maupun teknologi pertanian, serta dari sisi ketersediaan lahan," paparnya.

Halaman
1234
Penulis: Syaifullah Ibrahim
Editor: Budi Susilo
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved