Breaking News:

Berita Kukar Terkini

Layani Kaltim dan Kaltara, Lapas Perempuan Klas IIA Tenggarong Over Kapasitas Lebihi 100 Persen

Kepala Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Perempuan Klas IIA Tenggarong, Sri Astiana menegaskan, ruang tahanan warga binaan yang ada telah mengalami keleb

Penulis: Aris Joni | Editor: Rahmad Taufiq
TRIBUNKALTIM.CO/ARIS JONI
Kepala Lapas Perempuan Klas IIA Tenggarong Sri Astiana mengatakan, ruang tahanan warga binaan yang ada telah mengalami kelebihan atau over kapasitas. TRIBUNKALTIM.CO/ARIS JONI 

TRIBUNKALTIM.CO, TENGGARONG- Kepala Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Perempuan Klas IIA Tenggarong, Sri Astiana menegaskan, ruang tahanan warga binaan yang ada telah mengalami kelebihan atau over kapasitas.

“Blok hunian kita sudah mengalami over kapasitas,” ujarnya, Senin (15/2/2021).

Astiana menerangkan, over kapasitasnya pun tidak sedikit, melainkan lebih dari 100 persen dari kapasitas jumlah tahanan tiap ruangan.

“Kita sangat kekurangan ruang hunian,” ungkapnya.

Baca juga: Ledakan Hebat Terjadi dari Sebuah Toko di Samarinda, Gegana Brimob Polda Kaltim Turun ke TKP

Baca juga:  Mesin Kapal Mati, 3 WNA Terombang-ambing di Tengah Laut selama 10 Hari hingga Terdampar di Maratua

Menurutnya, sesuai prosedur kapasitas ruangan, sebenarnya pihaknya hanya bisa menampung 126 warga binaan dengan sistem tempat tidur tingkat.

Namun, nyatanya saat ini lapas perempuan diisi oleh 374 warga binaan.

“Kita tidak bisa melakukan apapun, karena lapas kita ini hanya terdiri dari satu blok dan sembilan kamar saja,” ucapnya.

Bahkan, lanjut dia, kondisi saat ini saja satu kamar hunian diisi sebanyak 48 warga binaan dengan sistem 40 warga binaan tidur di kasur tingkat dan 8 warga binaan lainnya tidur di lorong atau lesehan.

“Kasur kita ada dua dan bertingkat. Satu tempat tidur bisa diisi 10 orang, jadi kalau bertingkat satu tempat tidur diisi 20 orang dan dua tempat tidur berarti muat 40 orang, sisanya mau tidak mau tidur di lorong,” bebernya.

Baca juga: Pelaku Pencurian di Samarinda Dibekuk Warga, Sempat Aksi Kejar-kejaran Bawa Kabur Motor Korban

Baca juga: Mobil MPV Silver Tercebur ke Sungai Hutan Kota RSS Damai Balikpapan, Begini Pengakuan Warga

Ia menambahkan, dengan jumlah tersebut dia berharap ada penambahan gedung untuk ruang hunian warga binaan, terlebih untuk menerapkan prokes di tengah pandemi.

Selain itu, ucap dia, lapas perempuan tersebut juga merupakan lapas perempuan satu-satunya di Kaltim yang melayani atau menerima warga binaan dari seluruh Kaltim dan Kaltara.

“Saya berharap sih karena kita juga sudah berubah nomenklatur jadi Lapas Perempuan Klas IIA Tenggarong, saya berharap Pemda Kukar dapat membantu mengurai masalah ini dengan memberikan lahan yang cukup luas agar seluruh warga binaan perempuan dapat tergabung di lapas perempuan,” ucapnya.

Penulis: Aris Joni | Editor: Rahmad Taufiq

Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved