Breaking News:

Berita Malinau Terkini

Sekolah di Perbatasan dan Pedalaman tak Nikmati Fasilitas Pendidikan, PR buat Gubernur Kaltara Baru

Zainal Arifin Paliwang dan Yansen Tipa Padan baru saja dilantik sebagai Gubernur dan Wakil Gubernur Kalimantan Utara (Kaltara) oleh Presiden RI Joko W

TRIBUNKALTARA.COM/MOHAMMAD SUPRI
Direktur Politeknik Malinau periode 2020-2024, Henri Tetiawadi mengatakan, satu dari sekian tantangan pemimpin baru Kaltara adalah dari aspek pendidikan. TRIBUNKALTARA.COM/MOHAMMAD SUPRI 

TRIBUNKALTIM.CO, MALINAU- Zainal Arifin Paliwang dan Yansen Tipa Padan baru saja dilantik sebagai Gubernur dan Wakil Gubernur Kalimantan Utara (Kaltara) oleh Presiden RI Joko Widodo, Senin (15/2/2021) kemarin.

Ucapan suka cita dan selamat disampaikan dari berbagai kalangan di Kabupaten Malinau.

Tak terkecuali kalangan akademisi turut menyampaikan harapannya di bidang pendidikan.

Baca juga: BREAKING NEWS Bupati Paser Yusriansyah Syarkawi Meninggal Dunia, Hasil PCR Belum Keluar

Baca juga: Laka Tunggal Terjadi Lagi, Seorang Pengemudi di Balikpapan Tewas Sebelum Sempat Dilarikan ke RS

Direktur Politeknik Negeri Malinau, Henri Tetiawadi mengatakan, satu dari sekian tantangan pemimpin baru Kaltara adalah dari aspek pendidikan.

Terutama ketika dibenturkan dengan persoalan pembelajaran secara daring, akses dan keterbatasan sarana menjadi sekian pekerjaan berat buat pemimpin di Kaltara.

"Menurut saya, aspek pendidikan adalah satu dari sekian tantangan bagi pemimpin yang baru. Keterbatasan akses dan jangkauan, terlebih kondisi pandemi Covid-19 saat ini," ujarnya kepada TribunKaltara.com melalui telepon seluler, Senin (15/2/2021).

Henri Tetiawadi selaku akademisi memandang pendidikan sebagai pondasi utama dalam membangun sumber daya manusia khususnya di Kaltara.

Kaltara sebagai provinsi termuda di Indonesia memiliki sejumlah persoalan di bidang pendidikan.

Baca juga: Data Pasien Covid-19 tak Valid, Walikota Balikpapan Rizal: KTP Klandasan, Tinggal di Kampung Baru

Baca juga: Tingkat Kesembuhan Kaltim Lebih Tinggi daripada yang Terjangkit Covid-19, Gubernur: Tetap Waspada

Akses, sarana prasarana serta dukungan SDM yang mumpuni, menurutnya, aspek yang berpengaruh besar terhadap kemajuan taraf pendidikan di Kaltara.

"Sekolah-sekolah yang berada di wilayah perbatasan dan pedalaman yang belum menikmati fasilitas pendidikan, termasuk SDM, pengajar, guru dan dosen," katanya.

Dia optimistis di tangan Gubernur dan Wagub Kaltara yang baru, sejumlah persoalan di bidang pendidikan akan terakomodir dengan baik.

Baca juga: Pemuda di Perbatasan Harap tak Ada Lagi Desa di Kaltara yang Gelap Pasca Zainal-Yansen Dilantik

Baca juga: Sosok Wagub Kaltara Yansen Tipa Padan di Mata Wabup Malinau, Topan Amrullah: Pemimpin yang Visioner

Harapannya, aspek pendidikan menjadi prioritas sesuai semboyan yang diusung paslon nomor urut 3 tersebut, 'Membangun Desa, Menata Kota'.

"Selamat kepada Pak Zainal Paliwang dan Pak Yansen Tipa Padan atas dilantiknya sebagai Gubernur dan Wakil Gubernur Kaltara. Semoga pemerintahan Kaltara berjalan sesuai dengan yang kita cita-citakan," ucapnya.

Penulis: Mohammad Supri | Editor: Rahmad Taufiq

Editor: Rahmad Taufiq
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved