Virus Corona

Apa itu Vaksin Nusantara? Diklaim Lebih Murah dan Tahan Lama, Ini Sosok Penggagas dan Cara Kerjanya

Vaksin Nusantara akhir-akhir ini cukup menyita perhatian publik. Namun tak sedikit yang bertanya-tanya, apa itu Vaksin Nusantara ?

Editor: Syaiful Syafar
shutterstock.com
Ilustrasi vaksin Covid-19. Vaksin Nusantara akhir-akhir ini cukup menyita perhatian publik. Bahkan sampai menjadi trending di media sosial. Namun tak sedikit yang bertanya-tanya, apa itu Vaksin Nusantara? 

TRIBUNKALTIM.CO - Vaksin Nusantara akhir-akhir ini cukup menyita perhatian publik. Bahkan sampai menjadi trending di media sosial.

Namun tak sedikit yang bertanya-tanya, apa itu Vaksin Nusantara ?

Sebagai informasi, Vaksin Nusantara adalah vaksin yang dikembangkan oleh anak negeri untuk melawan Virus Corona atau Covid-19.

Vaksin Nusantara adalah vaksin Covid-19 buatan Indonesia, selain Vaksin Merah Putih.

Siapa sosok penggagas Vaksin Nusantara ini?

Laporan Kompas TV menyebutkan, mantan Menteri Kesehatan ( Menkes) Dokter Terawan Agus Putranto adalah sosok inisiator di balik Vaksin Nusantara.

Dokter Terawan mengembangkan Vaksin Nusantara ini bersama tim peneliti di laboratorium RSUP Kariadi Semarang, Jawa Tengah.

"Kami bersama-sama dengan teman-teman dari Aivita Biomedical Corporation dari Amerika Serikat dan juga dengan Universitas Diponegoro dan Rumah Sakit Kariadi Semarang ini bahu-membahu mewujudkan vaksin berbasis dendritic cell," kata Terawan saat diwawancarai Kompas TV.

Baca juga: Masih Ingat Dokter Terawan? Diam-diam, Ternyata Mantan Menkes Bikin Vaksin Lawan Virus Corona

Baca juga: 130 Negara Belum Kebagian Vaksin Corona, Sekjen PBB Sebut Dikuasai 10 Negara Kaya, Ini tak Adil

Menurut Dokter Terawan, Vaksin Nusantara tersebut akan memberikan imunitas yang bisa bertahan lama.

"Dampaknya apa? Tentunya akan memberikan kekebalan terhadap Covid-19 dan karena ini sifatnya menjadi imunitas yang seluler tentunya akan bertahan lama, karena tingkatnya di sel bukan imunitas humoral tapi seluler," jelasnya.

Bagaimana proses pembuatannya?

Berbeda dengan kebanyakan vaksin lainnya, Vaksin Nusantara disebutkan menggunakan pendekatan sel dendritik, dan tidak memasukkan Virus Corona nonaktif ke tubuh penerima.

Dari paparan anggota Tim Peneliti Vaksin Nusantara FK Undip/RSUP dr Kariadi, Yetty Movieta Nency mengatakan, vaksin ini dibuat melalui sejumlah tahap.

Pertama-tama adalah dengan mengambil darah dari tubuh seorang subyek atau pasien.

Halaman
1234
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved