Breaking News:

Berita Nasional Terkini

Transaksi Sistem Pembayaran Tumbuh Positif, Digitalisasi Ekonomi Makin Massif

Transaksi Sistem Pembayaran, baik tunai maupun nontunai termasuk digital payment tumbuh positif disertai pesatnya digitalisasi.

TRIBUNKALTIM.CO/HO
Telkomsel Bersama Bankaltimtara Luncurkan Program Race SMS Banking berbasis digital. 

TRIBUNKALTIM.CO, BALIKPAPAN - Transaksi Sistem Pembayaran, baik tunai maupun nontunai termasuk digital payment tumbuh positif disertai pesatnya digitalisasi ekonomi dan keuangan.

Uang Kartal Yang Diedarkan (UYD) pada Januari 2021 mencapai Rp803,2 triliun, tumbuh 12,09 persen (year on year/yoy).

Nilai transaksi pembayaran menggunakan kartu ATM, Kartu Debet, dan Kartu Kredit pada Januari 2021 tercatat Rp621,7 triliun.

Mengalami kontraksi 1,95 persen (yoy) sejalan dengan masih terbatasnya mobilitas dan lemahnya permintaan domestik akibat pandemi Covid-19.

Di sisi lain, transaksi ekonomi dan keuangan digital terus tumbuh tinggi sejalan dengan meningkatnya akseptasi dan preferensi masyarakat untuk berbelanja daring.

Baca Juga: Evaluasi PPKM Mikro di Balikpapan, Kelurahan Inventarisir Kebutuhan Posko Covid-19 Tingkat RT

"Meluasnya pembayaran digital dan akselerasi digital banking," ujar Kepala Departemen Komunikasi Bank Indonesia, Erwin Haryono dalam siaran tertulis, Jumat (19/2/2021).

Pertumbuhan tersebut tercermin dari nilai transaksi Uang Elektronik (UE) pada Januari 2021 sebesar Rp20,7 triliun, atau tumbuh 30,71 persen (yoy).

Volume transaksi digital banking juga terus meningkat, pada Januari 2021 tumbuh 39,65 persen (yoy) mencapai 475 juta transaksi dan nilai transaksi digital banking yang tumbuh 18,59 persen (yoy) mencapai Rp 2.649,7 triliun.

Bank Indonesia memprakirakan tren digitalisasi akan terus berkembang pesat didorong pesatnya digitalisasi, inovasi dan perluasan ekosistem baik secara spasial dan sektoral.

Halaman
12
Penulis: Heriani AM
Editor: Budi Susilo
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved