Breaking News:

Gaya Hidup

Ada yang Tahu Arti Amor, Tekeliwai, atau Waluh? Yuk Belajar Bahasa Gaul Balikpapan Nih Cess. . .

Ada yang Tahu Arti Amor, Tekeliwai, atau Waluh? Yuk Belajar Bahasa Gaul Balikpapan Nih Cess. . .

TRIBUN KALTIM/DWI ARDIANTO
MC Ucha kerap menggunakan bahasa gaul Balikpapan. Ada yang Tahu Arti Amor, Tekeliwai, atau Waluh? Yuk Belajar Bahasa Gaul Balikpapan Nih Cess. . . 

TRIBUNKALTIM.CO, BALIKPAPAN -  Ada yang Tahu Arti Amor, Tekeliwai, atau Waluh? Yuk Belajar Bahasa Gaul Balikpapan Nih Cess. . .

Hari Bahasa Ibu Internasional berasal dari pengakuan internasional terhadap Hari Gerakan Bahasa yang dirayakan di Bangladesh. Resolusi bahasa internasional ini disarankan oleh Rafiqul Islam, seorang Bangli yang tinggal di Vancouver, Kanada.

Ia menulis surat kepada Kofi Annan pada tanggal 9 Januari 1998, memintanya untuk mengambil langkah untuk menyelamatkan bahasa dunia dari kepunahan dengan mendeklarasikan Hari Bahasa Ibu Internasional (International Mother Language Day).

Akhirnya dipilihlah tanggal 21 Februari sebagai Hari Bahasa Ibu Internasional karena pada tanggal tersebut, Bangladesh mengalami pembunuhan pada tahun 1952 dalam memperjuangkan bahasa Bangli di Dhaka.

Majelis Umum PBB meminta negara-negara anggotanya untuk mempromosikan semua bahasa yang digunakan oleh orang-orang di dunia pada tanggal 16 Mei 2009.

Sebelumnya pada tahun 2008 Mejelis Umum menyatakan 2008 sebagai Tahun Bahasa Internasional untuk mempromosikan persatuan dalam keanekaragaman dan pemahaman internasional melalui multibahasa dan multikulturalisme.

Indonesia, adalah negara yang kaya akan bahasa. Hampir setiap daerahnya memiliki bahasa khas, atau dialek/logat masyarakatnya.

Setiap suku di Indonesia punya bahasa sendiri dan aksen penyebutan tersendiri. Di Balikpapan pun demikian.

Ada bahasa tersendiri yang sukar dipahami jika Anda pertama kali berkunjung di sana.

Sehubungan dengan Hari Bahasa Internasional sekaligus HUT ke-124 Kota Balikpapan pada 10 Februari lalu, yuk tak ada salahnya mengulik bahasa gaul Balikpapan.

Halaman
1234
Penulis: Heriani AM
Editor: Trinilo Umardini
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved