Breaking News:

Berita PPU Terkini

MTQ XIV Resmi Dibuka, Plt Sekda PPU Harap Bisa Dilaksanakan Tiap Tahun

Pembukaan MTQ ke XIV tingkat Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) digelar  di Masjid Agung Al-Ikhlas, Kecamatan Penajam, Senin (22/2/2021).

TRIBUNKALTIM.CO/HO
Pembukaan MTQ ke XIV tingkat Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) digelar  di Masjid Agung Al-Ikhlas, Kecamatan Penajam, Senin (22/2/2021).TRIBUNKALTIM.CO/HO 

TRIBUNKALTIM.CO, PENAJAM - Pembukaan MTQ ke XIV tingkat Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) digelar  di Masjid Agung Al-Ikhlas, Kecamatan Penajam, Senin (22/2/2021).

Pembukaan sekaligus pelantikan Dewan Hakim itu dilakukan Plt. Sekretaris Daerah (Sekda) PPU, Muliadi, serta dihadiri oleh sejumlah unsur pejabat Forum Komunikasi Daerah Kabupaten PPU.

Muliadi mengatakan, bahwa penyelenggaraan MTQ sempat tertunda hingga dua tahun, hal itu juga disebabkan oleh imbas dari pandemi Covid-19 sejak tahun lalu.

Baca juga: Terkait Kasus PT MGRM, Wakil Gubernur Kaltim Hadi Mulyadi Minta Pejabat Perusda Sering Dirolling

Baca juga: Lakalantas di Jalan Trans Kaltim, Satu Warga Samarinda Meninggal Dunia

Menyikapi hal tersebut, demi kebaikan umat, bangsa dan Negara Republik Indonesia, maka ia meminta agar MTQ kembali bisa dilaksanakan setiap tahun.

"Kalau kontes kecantikan saja bisa dilaksanakan setiap tahun mengapa MTQ tidak, hal ini tolong disampaikan langsung ke forum nasional pada penyelenggaraan MTQ pada tahun ini," kata Muliadi, Senin (22/2/2021) melalui release yang diterima TribunKaltim.Co.

Baca juga: Seorang Perwira Menengah di Polresta Samarinda Meninggal Dunia Terpapar Covid-19

Baca juga: Nasib Karyawan Jasa Pencucian di Tenggarong Kukar, Tenggelam Bersama Mobil, Ditemukan di Hari Ketiga

"keliru jika pelaksanaan MTQ ini hanya dipahami sebagai kegiatan syi'ar agama saja, tanpa bisa memaknai lebih komprehensif dari nilai-nilai kemaslahatan kasadaran inilah yang harus terus dibangun dalam individu dan masyarakat kita," ujarnya.

Dirinya juga menambahkan kegiatan MTQ diharapkan mampu menjadi momentum pelaksanaan pembangunan perilaku kehidupan masyarakat dalam kehibupan sehari-hari.

Dengan nilai-nilai Al-Qur’an itulah MTQ dapat meningkatkan ukhuah Islamiah, persatuan dan kesatuan antar umat beragama serta mempertemukan masyarakat dari 4 kecamatan di Kabupaten PPU.

"Saya berharap MTQ dapat dijadikan wadah untuk membentengi umat Islam khsunya warga Penajam Paser Utara dari gerakan radikal yang bertentangan dengan ajaran Islam, mari terus menanamkan nilai nilai suci Al-Qur’an, kepada masyarakat dan generasi muda kita, dengan kegiatan pengajian dan pembinaan keagamaan dilingkungan masing masing," kata dia.

Baca juga: Walikota Balikpapan Rizal Effendi Dukung Syarat Kewajiban Rapid Antigen Masuk ke RT dalam PPKM Mikro

Sementara itu Kepala Bagian Kesejahteraan Rakyat Sekretariat Daerah Kabupaten PPU Anang Widianto di Penajam, mengatakan dalam pelaksanaan MTQ ke-XIV kali ini diikuti oleh 151 peserta dari 4 kecamatan yang ada di PPU. Kegiatan ini akan berlangsung selama 3 hari mulai 22 Februari hingga 24 Februari 2021.

"Total peserta ada 151 orang, dari usia peserta mulai dari kategori anak-anak 7 tahun dan maksimal kategori dewasa usia 40 tahun," kata Anang.

Anang berharap para juara nantinya bisa mempersiapkan diri untuk mengikuti lomba MTQ tingkat Provinsi Kaltim yang akan di adakan di Kota Bontang pada 2-10 April 2021.

Penulis : Dian MS/Editor: Samir Paturusi

Penulis: Dian Mulia Sari
Editor: Samir Paturusi
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved