Breaking News:

Berita Kukar Terkini

Pertama di Kaltim, Kukar akan Bentuk Desa Bersinar, Pemkab Rekomendasikan 3 Desa Berikut Ini

Berdasarkan Instruksi Presiden Republik Indonesia Nomor 2 Tahun 2020 tentang Rencana Aksi Nasional Pencegahan dan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Per

TRIBUNKALTIM.CO/ARIS JONI
Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kukar, Rinda Desianti menjelaskan, pembentukan Desa Bersinar merupakan tindak lanjut dari Inpres Nomor 2 Tahun 2020 tentang Rencana Aksi Nasional Pencegahan dan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkotika dan Prekusor Narkotika. TRIBUNKALTIM.CO/ARIS JONI 

TRIBUNKALTIM.CO, TENGGARONG- Berdasarkan Instruksi Presiden Republik Indonesia Nomor 2 Tahun 2020 tentang Rencana Aksi Nasional Pencegahan dan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkotika dan Prekusor Narkotika, di mana dalam inpres tersebut juga diminta untuk seluruh wilayah di Indonesia untuk membentuk Desa Bersih dari Narkoba atau Desa Bersinar.

Menanggapi itu, Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) mendukung program Desa Bersinar dan bersinergi dengan Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) Kaltim dan Badan Narkotika Kabupaten (BNK) Kukar untuk membentuk Desa Bersinar di Kukar.

Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik atau Kesbangpol Kukar, Rinda Desianti menjelaskan, pembentukan Desa Bersinar merupakan tindak lanjut dari inpres nomor dua tersebut.

Baca juga: Seorang Perwira Menengah di Polresta Samarinda Kena Covid-19, Kini Kabarnya Meninggal Dunia

Baca juga: Nasib Karyawan Jasa Pencucian di Tenggarong Kukar, Tenggelam Bersama Mobil, Ditemukan di Hari Ketiga

Baca juga: Terkait Kasus PT MGRM, Wakil Gubernur Kaltim Hadi Mulyadi Minta Pejabat Perusda Sering Dirolling

Bahkan, untuk di Kaltim baru Kukar yang membentuk Desa Bersinar.

“Di Kaltim belum ada, baru Kukar yang akan membentuk,” ujarnya kepada TribunKaltim.co.

Ia membeberkan, sebagai permulaan ada sekitar 3 desa yang direkomendasi untuk menjadi Desa Bersinar, namun desa tersebut harus memenuhi 8 indikator pokok untuk menuju Desa Bersinar.

“Sementara, ada juga 5 indikator pendukungnya, seperti apakah desa tersebut masuk kriteria waspada, bahaya atau sangat bahaya,” tuturnya.

Rinda Desianti juga menerangkan, nantinya dalam Desa Bersinar tersebut terdapat tiga Satgas yang terdiri dari Satgas Pencegahan, Satgas Rehabilitasi dan Satgas Pemberantasan.

“Satgas ini juga nanti akan melibatkan komponen masyarakat,” katanya.

Ia menambahkan, tiga desa yang direkomendasikan untuk menjadi Desa Bersinar tersebut di antaranya masing-masing satu desa berada di wilayah kecamatan Tenggarong Seberang, Kecamatan Kota Bangun dan Kecamatan Samboja.

“Target saya sih paling tidak pertengahan tahun ini sudah jalan atau paling cepat Maret ini. Karena SK-nya sudah sambil berjalan, kemarin sudah kita sampaikan ke Bagian Hukum Setkab Kukar. Karena pembentukan Desa Bersinar ini harus melalui penunjukan langsung dari surat keputusan bupati,” ucap Rinda.

Penulis: Aris Joni | Editor: Rahmad Taufiq

Penulis: Aris Joni
Editor: Rahmad Taufiq
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved