Breaking News:

PHKT Mulai Alirkan Gas Melalui Jaringan Gas di Kecamatan Marangkayu, Kutai Kartanegara

PT Pertamina Hulu Kalimantan Timur (PHKT) mendukung pelaksanaan proyek Jaringan Gas (Jargas) Nasional yang telah dicanangkan oleh pemerintah.

HO
Koordinasi Meeting PHKT-ESDM-KSO di Lokasi Proyek Jargas Santan Marangkayu, Kutai Kartanegara. 

TRIBUNKALTIM.CO - Sebagai bentuk dukungan PT Pertamina Hulu Kalimantan Timur (PHKT) dalam pelaksanaan proyek Jaringan Gas (Jargas) Nasional yang telah dicanangkan oleh Pemerintah dalam upaya menjamin ketahanan energi nasional.

Ikut mempercepat terwujudnya diversifikasi energi untuk sektor rumah tangga, PHKT bekerjasama dengan Kementerian ESDM, PT Pertagas dan Pemkab Kutai Kartanegara menyediakan dan menyalurkan gas kepada masyarakat di sekitar daerah operasi PHKT yaitu di Kecamatan Marangkayu, Kabupaten Kutai Kartanegara.

Proyek Jargas di Kecamatan Marangkayu dan sekitarnya yang dikelola oleh PT Pertagas ini mendapatkan pasokan gas dari PHKT - Daerah Operasi Bagian Utara (DOBU) melalui fasilitas  di Terminal Santan sebanyak  0,1 hingga 1 MMSCFD (juta standar kaki kubik perhari - gas) guna mendukung sekitar 3500 sambungan Jargas ke masyarakat.

Star Up Jaringan Gas Marangkayu
Star Up Jaringan Gas Marangkayu (HO)

Terdapat 5 sektor sambungan Jargas yang akan disuplai dari Terminal Santan PHKT yaitu desa Sebuntal, desa Semangko, dan desa Bunga Putih di Kecamatan Marangkayu.

Pengaliran gas perdana (Strat Up) dari MRS (Meter Regulating System) di Terminal Santan PHKT dimulai pada tanggal 17 Februari 2021 dengan pengaliran gas ke Sektor 1 Jargas Marangkayu yaitu ke Desa Semangko untuk 621 pelanggan, yang selanjutnya akan dijadwalkan kemudian untuk disalurkan ke 4 sektor lainnya pada tahun 2021 ini.

General Manager PHKT Achmad Agus Miftakhurrohman menyampaikan rasa syukur bahwa gas dari PHKT sudah mulai disalurkan ke masyarakat di sekitar Kecamatan Marangkayu dengan aman dan selamat.

“Kami berharap gas yang disalurkan melalui Jargas Marangkayu ini dapat dinikmati manfaatnya oleh masyarakat di sekitar Kecamatan Marangkayu.

Selain itu, kami juga menghimbau masyarakat dapat memperhatikan aspek keselamatan dalam penggunaan gas rumah tangga melalui Jargas ini sesuai arahan teknis yang telah ditentukan oleh pengelola Jargas,“tambah Achmad Agus.

INSPEKSI PERALATAN INSTALASI PROYEK JARGAS
INSPEKSI PERALATAN INSTALASI PROYEK JARGAS (HO)

Fasilitas Terminal Santan PHKT yang terletak di Kecamatan Marangkayu, Kabupaten Kutai Kartanegara ini telah beroperasi sekitar 50 tahun sejak tahun 1971.

Selama beroperasi di Terminal Santan, PHKT selalu berkomitmen mendukung program-program pemerintah melalui program pemberdayaan masyarakat, CSR serta program lainnya seperti mendukung Program Jargas untuk rumah tangga ini.

PHKT akan terus berupaya membangun kemitraan yang aktif dalam memenuhi harapan masyarakat dan pemangku kepentingan di sekitar daerah operasi PHKT.   (*)

Editor: Sumarsono
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved