Breaking News:

BPJS Ketenagakerjaan Cabang Balikpapan Gelar Kampanye Bulan Kesehatan dan Keselamatan Kerja

BPJS Ketenagakerjaan atau BP Jamsostek Cabang Balikpapan menggelar kampanye Bulan Kesehatan dan Keselamatan Kerja.

HO
Spanduk Imbauan Pelaksanaan K3 diserahkan ke RSUD Aji Putri Botung PPU 

BALIKPAPAN - BPJS Ketenagakerjaan atau BP Jamsostek Cabang Balikpapan menggelar kampanye Bulan Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3) dengan menyerahkan spanduk imbauan pelaksanaan K3 dan safety kit kepada perusahaan terdaftar di wilayah kerjanya.

Tak hanya di Balikpapan, kemarin kegiatan kampanye juga dilakukan di Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU), kemarin.

Hal ini dilaksanakan berkaitan dengan bulan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) Nasional Tahun 2021 yang dilaksanakan pada tanggal 12 Januari hingga 12 Februari 2021.

Tema yang diusung adalah 'Penguatan Sumber Daya Manusia yang Unggul dan Berbudaya K3 pada Semua Sektor Usaha'.

Kepala BPJAMSOSTEK Cabang Balikpapan, Ramadan Sayo menyebut bahwa pihaknya terus mengupayakan dan turut berpartisipasi dalam mensukseskan program K3.

Mengingat program K3 selaras dengan tujuan BPJS Ketenagakerjaan.

"Harapan kita semua tenaga kerja bebas dari kecelakaan kerja. Paling tidak minim risiko. Dengan mengingatkan ke perusahaan untuk tetap mengutamakan keselamatan kerja. Apalagi di masa pandemi Covid-19," ujar Ramadan, Selasa (23/2/2021).

Spanduk imbauan ini, disalurkan ke perusahaan-perusahaan terkhusus yang terdaftar sebagai peserta di Balikpapan, PPU, dan Paser.

Menurut Ramadan, adanya pengingat bisa menjadi acuan untuk selalu berhati-hati.

Di samping itu, pihaknya juga berharap bagi perusahaan maupun tenaga kerja informal yang belum menjadi anggota, untuk segera mendaftarkan diri menjadi peserta BPJS Ketenagakerjaan.

"Makna kami dari adanya K3 agar tren kecelakaan kerja turun. Yang saya lihat kecelakaan kerja banyak di jalan raya, saat berangkat dan pulang. Dengan BPJS Ketenagakerjaan, jika terjadi kecelakaan perlindungan yang kami berikan tanpa batasan," terang Ramadan.

Mulai dari biaya pengobatan yang ditanggung oleh BPJS Ketenagakerjaan, lalu selama dalam masa perawatan upah dibayar oleh BPJS Ketenagakerjaan.

"Perlu diinformasikan juga terkait klaim tenaga kerja untuk jaminan kecelakaan kerja ada 1.422 kasus yang sudah dibayarkan. Dengan nilai Rp 11,2 miliar," pungkasnya. (*)

Penulis: Heriani

Penulis: Heriani AM
Editor: Adhinata Kusuma
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved