Breaking News:

Berita Kaltim Terkini

Kakanwil Kemenkumham Kaltim Lantik Satops Patnal, Ini Harapannya

Melantik Satuan Operasional Kepatuhan Internal yang disingkat (Satops Patnal) tingkat wilayah dan UPT Pemasyarakatan Kemenkumham Kaltim.

TRIBUNKALTIM.CO/MOHAMMAD FAIROUSSANIY
Saat pelantikan Satuan Operasional Kepatuhan Internal yang disingkat (Satops Patnal) tingkat wilayah dan UPT Pemasyarakatan Kemenkumham Kaltim, Selasa (23/2/2021) hari ini.TRIBUNKALTIM.CO/MOHAMMAD FAIROUSSANIY 

TRIBUNKALTIM.CO, SAMARINDA - Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM (Kakanwil Kemenkumham) Provinsi Kalimantan Timur, Kepala Divisi Pemasyarakatan (Kadivpas) beserta lima kepala Unit Pelaksana Teknis (UPT) divisi Pemasyarakatan hadir di Rutan Klas IIA Samarinda.

Kakanwil Kemenkumham Kaltim, Sofyan, dalam agendanya, Selasa hari ini (23/2/2021).

Melantik Satuan Operasional Kepatuhan Internal yang disingkat (Satops Patnal) tingkat wilayah dan UPT Pemasyarakatan Kemenkumham Kaltim.

Baca juga: Kebakaran Terjadi Lagi, Sebuah Mess Perusahaan di Balikpapan Dilalap Jago Merah

Baca juga: PDAM Balikpapan Tidak Mengalir, Pipa IPAM Damai Stop Produksi 45 Persen, Berikut Daerah Terdampak

Serta pencanangan atau deklarasi Rutan Klas IIA Samarinda, yang menjadi Zona Integritas Menuju Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih Melayani (WBBM) Kanwil Kaltim Kemenkumham. 

"Jadi hari ini pelantikan Satops Patnal sekaligus deklarasi integritas WBK dan WBMM," sebut Sofyan, Selasa (23/2/2021).

Terkait fungsi dan tugas Satops Patnal yang dibentuk merupakan bagian dari Pemasyarakatan, guna terlaksananya pencegahan dan penindakan gangguan kemanan dan ketertiban yang meliputi fungsi pembinaan petugas dan peningkatan layanan Pemasyarakatan.

Satops Patnal dilaksanakan berdasarkan Surat Edaran Nomor PAS-07.OT-02.02 Tahun 2019 tentang Satuan Operasional Kepatuhan Internal Pemasyarakatan Tingkat Wilayah, Rumah Tahanan Negara dan Lembaga Pemasyarakatan.

"Ini salah satu upaya yang mesti dilakukan untuk mendukung terselenggaranya pelaksanaan pengamanan dan deteksi dini di Lapas/Rutan, meningkatkan kualitas dan kapasitas sumber daya manusia." jelas Sofyan.

Baca juga: Gubernur Kaltim Isran Noor Sebut Kukar, Kutim dan Mahulu Berpotensi Karhutla, Ini Alasannya

Baca juga: Ingin Memancing, Seorang Pemuda di Samarinda Tiba-tiba Lompat ke Sungai Mahakam, Sempat Minta Tolong

Ia juga menyampaikan bahwa pembentukan dibarengi dengan peningkatan SDM di lima UPT Pemasyarakatan, yang ia pimpin.

"Benahi SDM kita (internal), pelayanan pemasyarakatan akan berjalan. Ada kurangnya, kejar terus kekurangan kita," tegasnya didepan Kepala lima UPT Pemasyarakatan.

Halaman
123
Penulis: Mohammad Fairoussaniy
Editor: Samir Paturusi
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved