Breaking News:

Meningkatkan Kualitas Mengajar Daring Melalui Kegiatan Supervisi Akademik di Madrasah

Masa pandemi tidak menyurutkan aktivitas pendidikan yang tetap berlangsung sesuai tupoksi pendidik, yaitu mengajar secara daring.

HO
Roihanun, Kepala Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Balikpapan 

Oleh : Roihanun

Kepala Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Balikpapan

TRIBUNKALTIM.CO - Masa pandemi tidak menyurutkan aktivitas pendidikan yang tetap berlangsung sesuai tupoksi pendidik, yaitu mengajar secara daring.

Dalam pembelajaran daring yang saat ini dilakukan menuntut keterampilan dan kepiawaian pendidik menggunakan aplikasi pembelajaran.

Berbagai macam aplikasi dapat digunakan dari WatsApp (WA),Telegram, E-Learnng Madrasah, Google meet  hingga zoom. Permasalahannya tidak semua pendidik mau dan dapat menggunakan semua bentuk aplikasi pembelajaran.

Tak dapat dipungkiri  kalau masih ada saja pendidik yang hanya menggunakan WA dan Google Classroom.

Sedikit sekali pendidik yang mengajar daring menggunakan vicon. Implementasinya pendidik harusnya proaktif dan kreatif agar bisa menggelar kegiatan belajar mengajar sama efektifnya dengan tatap muka.

Ada satu  hal yang menjadi penyebab bagi pendidik  yang sedikit ini. Yaitu, pendidik  yang enggan belajar sehingga tidak memahami penggunaan  aplikasi vicon, karena sudah merasa berada di zona  aman dan nyaman.

Kedua, enggan menggunakan karena harus repot mempersiapkan waktu virtual, terlebih dari pimpinan tidak pernah melakukan supervisi.

Padahal kunci meningkatkan kualitas pendidikan terutama pada pembelajaran.  Ketika proses pembelajaran tidak pernah disupervisi, maka dapat dikatakan hasil belajar peserta didik tidak akan optimal. Masa pandemi tidak menjadi kendala untuk tetap melakukan kegiatan supervisi.

Halaman
1234
Editor: Sumarsono
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved