Breaking News:

Perdana di Tahun 2021, Balai Karantina Pertanian Tarakan Musnahkan 1,9 Ton Daging Alana

Balai Karantina Pertanian (BKP) Tarakan musnahkan daging Alana atau daging kerbau dari Malaysia seberat 1,9 ton, Selasa (2/3/2021)

HO
Balai Karantina Pertanian (BKP) Tarakan memmusnahkan daging Alana atau daging kerbau dari Malaysia seberat 1,9 ton, Selasa (2/3/2021). Pemusnahan disaksikan dari Polres Tarakan dan Bea Cukai Tarakan. 

TRIBUNKALTIM.CO, TARAKAN - Balai Karantina Pertanian (BKP) Tarakan musnahkan daging Alana atau daging kerbau dari Malaysia seberat 1,9 ton, Selasa (2/3/2021)

Kepala BKP Tarakan drh Akhmad Alfaraby mengatakan, pemusnahan daging Alana merupakan bentuk sinergitas BKP Tarakan dengan pihak kepolisian dalam hal ini Polres Tarakan.

"Ini adalah barang serahan dari Polres Tarakan. Kami dan kepolisian ada perjanjian kerja sama. Jadi ini adalah bentuk sinergitas, bentuk kolaborasi sehingga kita bisa melakukan pemusnahan hari ini," ujar Alfaraby

Alfaraby menjelaskan, media pembawa inilah yang sebenarnya ditakutkan akan membawa penyakit Aphtae epizoocticae atau penyakit mulut dan kuku.

"Ini yang kita takutkan, jangan sampai masuk di wilayah kita. Karena belum ada di wilayah kita penyakit ini," ungkapnya.

Apabila penyakit ini masuk, dipastikan akan merugikan peternak-peternak yang ada di Kalimantan Utara.

"Itu yang kita antisipasi sehingga kita lakukan kegiatan pemusnahan ini," terangnya.

Kegiatan pemusnahan ini, merupakan pemusnahan pertama oleh BKP Tarakan sepanjang awal 2021 ini.

Dia sampaikan, daging-daging yang dimusnahkan tersebut tidak dilengkapi dengan sertifikat kesehatan dari negara asal.

"Dan tidak dilaporkan ke petugas BKP. Jadi Polres Tarakan melakukan penangkapan itu kemudian diserahkan ke kita (BKP Tarakan)," tuturnya. (*)

Penulis: Risnawati
Editor: Sumarsono
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved