Breaking News:

Berita Kukar Terkini

Bupati dan Wabup Kukar Targetkan OPD Bisa Terjemahkan Visi dan Misi ke Dalam RPJMD

Dalam upaya meningkatkan pelayanan publik dan memberikan mamfaat bagi masyarakat, Pemkab Kutai Kartanegara (Kukar) dipimpin Bupati dan Wakil Bupati Ed

HO/PROKOM SETKAB KUKAR
Suasana kegiatan Ngapeh Hambat (Obrolan Pagi) di Kantor Bupati Kukar. 

TRIBUNKALTIM.CO, TENGGARONG- Dalam upaya meningkatkan pelayanan publik dan memberikan manfaat bagi masyarakat, Pemkab Kutai Kartanegara (Kukar) dipimpin Bupati dan Wakil Bupati Kukar, Edi Damansyah-Rendi Solihin menggelar Ngapeh Hambat (obrolan pagi) bersama Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dalam rangka Penyusunan RPJMD 2021-2026, di Ruang Serbaguna Kantor Bupati, Tenggarong secara virtual, Rabu (3/3/2021).

Bupati Kukar Edi Damansyah mengatakan, secara umum RPJMD 2016-2021 sudah dilakukan evaluasi dan ada beberapa sasaran yang masih belum tercapai.

"Tentunya dengan kondisi ini, saya tegaskan harus melakukan perbaikan dan perubahan. Kami berdua Edi Damansyah-Rendi Solihin telah menyampaikan visi-misi kepada masyarakat dan harus masuk ke RPJMD," katanya dalam rilis Prokom Setkab Kukar.

Baca juga: Warga Balikpapan Diharapkan Hati-hati Gejala Long Covid, Penyintas Wajib Kenali Cirinya 

Baca juga: Bupati Kutim Bakal Resmikan Jembatan Penghubung Sangatta Selatan dan Sangatta Utara dalam Musrenbang

Dijabarkan Edi, matriks visi pemerintahan yakni 'Mewujudkan Masyarakat Kutai Kartanegara yang Sejahtera dan Berbahagia' dengan misi, yakni memanfaatkan birokrasi yang bersih, efektif, efesien dan melayani, program digitalisasi pelayanan publik (Disapa) merupakan program dedikasi Kukar Idaman yang ditunjukkan untuk membangun mindset dan culturset tata kelola pemerintahan dan pelayanan publik yang efektif, efesien, transparan dan akuntabel berbasis teknologi informasi.

Kemudian, misi selanjutnya meningkatkan pembangunan sumber daya manusia yang berakhlak mulia, unggul dan berbudaya, lalu memperkuat pembangunan ekonomi berbasis pertanian, pariwisata dan ekonomi kreatif.

Setelah itu, lanjut Edi Damansyah, meningkatkan kualitas layanan infrastruktur dasar dan konektivitas antarwilayah dan meningkatkan pengelolaan Sumber Daya Alam yang berwawasan lingkungan.

Dia berharap, semua kepala OPD dapat menerjemahkan visi-misi dan program dedikasi ke dalam strategi arah kebijakan dan program prioritas perangkat daerah, serta melibatkan para akademisi dan data-data yang valid dan aktual, lalu disampaikan secara sistematis serta dilaporkan secara berjenjang. 

“Saya targetkan sepekan sudah dikerjakan oleh OPD dan Sekda sebagai koordinator dalam penyiapan rumusan program dan kegiatan prioritas. Sekali lagi saya minta komitmen semua OPD betul-betul bekerja dengan baik, ubah pola pikir bahwa amanah ini hanya sementara, mari berikan yang terbaik bagi masyarakat," jelasnya. 

Rendi Solihin mengaku sepakat dengan gugus tugas Idaman yang sudah dibentuk Bupati Kukar, di mana dalam RPJMD ke depannya harus berbasis dengan data.

“Saya berharap semua OPD bisa mengaplikasikan visi misi kepala daerah, sebagaimana yang sudah disampaikan kepada masyarakat terkait dengan 23 program,” katanya.

Penulis: Aris Joni | Editor: Rahmad Taufiq

Penulis: Aris Joni
Editor: Rahmad Taufiq
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved