Breaking News:

Berita Virus Corona Terkini

Ingat Pasien 01 Corona di Indonesia? Kisah Sita Tyasutami yang Kembali Drop karena Hujatan Warganet

Orang pertama yang dinyatakan positif tertular Covid-19 adalah Sita Tyasutami yang berstatus sebagai pasien 01. 

Kompas.com via Instagram
Foto Sita Tyasutami (kanan). Ia adalah pasien 01 Covid-19 Indonesia, sedangkan Maria Darmaningsih (tengah) adalah pasien 02.(Instagram @sitatyasutami) 

TRIBUNKALTIM.CO - Pasien pertama Covid-19 lazim disebut sebagai 01. Sejak virus itu pertama kali menyebar dari Wuhan, China an menjadi pandemi global, Indonesia termasuk 1 dari 192 negara di dunia yang terserang oleh virus mematikan itu.

Menurut data dari John Hopkins University, Rabu (3/3/2021), virus ini telah memapar kepada 114.706.724 orang. Sebanyak 2.544.852 telah meninggal dunia.

Kini setahun sudah virus itu menyebar dan melanda Indonesia. Kasus di Indonesia tercatat 1.347.026 kasus, dan yang meninggal 36.518 orang. Mungkin Anda masih ingat dengan orang pertama yang dinyatakan positif tertular Covid-19? Dia adalah adalah Sita Tyasutami yang berstatus sebagai pasien 01.

Baca juga: Bukan dari Pasar Wuhan atau Laboratorium Virologi, dari Mana Virus Corona Berasal? Temuan Baru WHO

Dilansir dari Kompas.com yang mewawancarainya khusus, Senin (1/2/2021), Sita yang sehari-hari bekerja sebagai seorang seniman khususnya di bidang tari menceritakan pengalamannya setahun yang lalu.

Sebelum dinyatakan menjadi pasien 01 Covid-19, Sita menceritakan bahwa selama 10 hari dia sudah mengalami beberapa gejala.

"Sudah diare dan muntah, terus keringat dingin. Sehari bisa 3-4 kali ganti baju. Aku demam itu selama 10 hari," katanya. 

Saat merasakan berbagai gejala itu, Sita sempat berobat ke klinik dan diberi antibiotik. Namun karena demamnya tak kunjung turun, ia akhirnya memutuskan ke rumah sakit. Sita kemudian pergi ke rumah sakit bersama Ibunya, Maria Darmaningsih, karena keduanya tak enak badan.

"Tanggal 27 Februari 2020 aku ke rumah sakit sama Ibu, karena Ibu juga drop saat itu dan di diagnosa aku pneumonia dan Ibu typus, lalu kita dirawat," tutur Sita. 

"Saat itu aku memang sudah minta untuk dites Covid-19 karena ada keluarga di Austria dan saat itu di Eropa (Pandemi Covid-19) sudah lumayan parah. Cuma waktu itu pas aku minta dites memang ditolak," sambungnya.

Lalu dalam perawatan tersebut, Sita mendapat kabar dari seorang teman, bahwa Warga Negara Asing (WNA) yang saat itu selama dua hari berada satu tempat dengannya di Jakarta, terinfeksi virus corona.

Halaman
123
Editor: Achmad Bintoro
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved