Breaking News:

Berita Mahulu Terkini

Meski Sudah Zona Kuning Covid-19, Keluar Masuk Kabupaten Mahulu Masih Ketat

Meski sudah berstatus zona kuning, Pemerintah Kabupaten Mahakam Ulu ( Mahulu) masih memperketat pintu keluar masuk wilayah tersebut.

Penulis: Febriawan | Editor: Syaiful Syafar
TRIBUNKALTIM.CO/FEBRIAWAN
Suasana di Pelabuhan Tering, Kabupaten Kutai Barat, Kalimantan Timur. Pelabuhan ini merupakan jalur menuju Kabupaten Mahulu. Pemkab Mahulu memberlakukan sistem buka tutup keluar masuk wilayah Mahulu untuk mencegah penyebaran Virus Corona atau Covid-19. 

TRIBUNKALTIM.CO, UJOH BILANG - Meski sudah berstatus zona kuning, Pemerintah Kabupaten Mahakam Ulu ( Mahulu) masih memperketat pintu keluar masuk wilayah tersebut. 

Salah satunya dengan menerapkan sistem buka tutup.

Kepala Dinas Kesehatan dan Keluarga Berencana Kabupaten Mahulu, dr Agustinus Teguh mengatakan, sejak 1 Maret 2021, pintu keluar masuk Mahulu memang sudah mulai dibuka. Namun belum sepenuhnya, melainkan hanya seminggu hingga 7 Maret 2021. Setelah itu ditutup lagi.

"Kita masih terapkan buka tutup. Semenjak awal tahun, ketika Mahulu masuk zona merah, pengaturan buka tutupnya 3-1. Artinya tiga minggu dibuka, seminggu ditutup. Jadi nanti setelah seminggu dibuka, ditutup kembali," jelasnya, Selasa (3/3/2021).

Sistem buka tutup ini dilakukan sebagai upaya mencegah penularan Covid-19 di Mahulu.

"Tapi kita bersyukur, sepertinya masyarakat sudah mulai memahami, sehingga meski dibuka, aktivitas keluar masuk juga telah berkurang," kata Teguh.

Baca juga: 100 Hari Kepemimpinan Bonifasius Belawan Geh dan Yohanes Avun di Mahulu akan Fokus Tangani Covid-19

Baca juga: Bupati Mahulu akan Fokus Persiapkan Pembelajaran Tatap Muka

Sistem buka tutup ini sesuai dengan Instruksi Bupati Nomor 2 Tahun 2020 tentang Pengaturan Akses ke Kabupaten Mahulu dalam rangka Pengendalian Penyebaran Wabah Covid-19.

Dijelaskan, kasus Covid-19 di Mahulu terus menurun.

Dari semula mencapai 313 kasus, kini tinggal menyisakan belasan orang yang terkonfirmasi positif Covid-19 dan masih dirawat.

"Dua minggu lalu kita ke zona oranye. Kemudian mulai beberapa hari lalu, kita sudah di zona kuning dengan jumlah terkonfirmasi positif Covid-19," kata Teguh.

Baca juga: Mahulu Zona Merah Covid-19, Bupati Mahulu Opsikan Maret Ada Penutupan Akses Satu Bulan

Baca juga: Penanganan Covid-19 di Kabupaten Mahulu Serap Anggaran Rp 44 Miliar

Meski sudah berada di zona kuning, Pemkab dan Satgas penanganan covid-18 Mahulu tidak menyurutkan semangat.

Pihaknya terus berupaya melakukan upaya pencegahan dan penanganan hingga bisa menjadi zona hijau atau nol kasus.

"Sesuai arahan Pak Bupati kita harus berupaya hingga zona hijau kembali. Selain menutup wilayah, sosialisasi penerapan protokol kesehatan juga terus dilakukan," tandasnya.

(TribunKaltim.co/Febriawan)

Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved