Breaking News:

Virus Corona di Kaltim

Usai Disuntik Vaksin Sinovac Dua Kali, Imun Sekdaprov Kaltim Meningkat Signifikan

Sekretaris Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) Muhammad Sabani sebelumnya telah divaksinasi Covid-19 dua kali. Hasil vaksinasi tahap pertama lalu mend

HO/DISKOMINFO KALTIM
Sekdaprov Kaltim Muhammad Sabani diambil sampel darahnya untuk menguji tingkat kekebalan tubuh dari Virus Corona beberapa waktu lalu. Dari hasil sampel darah itu menunjukkan adanya peningkatan kekebalan tubuh dari virus tersebut. 

TRIBUNKALTIM.CO, SAMARINDA- Sekretaris Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) Muhammad Sabani sebelumnya telah divaksinasi Covid-19 dua kali.

Hasil vaksinasi tahap pertama lalu mendapatkan hasil yang baik.

Sebab imunitas yang dimiliki Muhammad Sabani naik secara signifikan.

Hal tersebut dijelaskan langsung oleh Kepala Diskominfo Kaltim Muhammad Faisal.

Baca juga: Kecelakaan Maut di Samarinda, Berboncengan Sepeda Motor Diduga Mabuk, Bawa Sajam, Satu Orang Tewas

Baca juga: Punya Ballroom Besar, Hotel Bintang Lima di Balikpapan Ini Bakal jadi Tempat Vaksinasi Covid-19

“Pasca 14 hari penyuntikan vasin sinovac pertama, kami melakukan tes Imuno Serologi Anti SARS-CoV-2 kuantitatif dengan hasil bagus dan baik sekali responsnya, kemudian 14 hari setelah penyuntikan kedua kembali kami tes dan hasilnya menunjukkan peningkatan yang sangat signifikan dengan respons imun sangat baik,” kata Muhammad Faisal dikutip dari siaran pers Diskominfo Kaltim.

Dari hasil tes dua kali menunjukkan hasil vaksinasi ke Muhammad Sabani berhasil.

“InsyaAllah pak Sekprov terlindungi hingga beberapa waktu ke depan terhadap virus ini, namun beliau tetap wajib terus menjaga protokol kesehatan.” katanya.

Muhammad Sabani merupakan orang pertama diberikan vaksin sinovacdi Provinsi Kalimantan Timur pada saat kick off vaksinasi I pada 14 Januari 2021 lalu.

Kemudian ia mendapatkan vaksinasi II pada 28 Januari 2021.

Sementara itu, Ketua Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Kalimantan Timur Dr. dr. Nathaniel Tandirogang membenarkan apa yang disampaikan karena terlibat langsung dalam dua kali tes serologi ini.

Baca juga: Rudy Masud Maju jadi Calon Ketua KKSS Kaltim, Alimudin Sang Pesaingnya Enggan Berkomentar

Baca juga: Kasus Covid-19 di Balikpapan Menurun, Disdik Optimis Tahun Ajaran Baru Bisa Pembelajaran Tatap Muka

“Memang benar, sengaja kami melakukan tes serologi kuantitatif sehingga mendapatkan angka untuk melihat perkembangan setelah dua kali dilakukan penyuntikan vaksin ini dan hasilnya serum anti SARS-CoV (S-RBD) meningkat tajam dari 1,69 U/ml saat vaksin pertama menjadi 96,05 U/ml 28 hari pasca vaksin, jauh di atas standart WHO 0,8 U/ml.

Hal tersebut mengindikasikan bahwa respons imun pak Sekda terhadap vaksin baik sekali,” tuturnya kepada awak media.

Nathaniel Tandirogang memaparkan hasil pemberian vaksin sinovac kepada Sekprov terlihat sekali memang bermanfaat untuk peningkatan imun terhadap covid-19.

“Jadi mari kita sukseskan vaksinasi covid-19 di Kaltim, dan jika sudah divaksin tetap menjaga prokes yang sudah ditetapkan, ” ucapnya mengakhiri dan diamini oleh Kadiskominfo yang hadir bersama.

Penulis: Jino Prayudi Kartono | Editor: Rahmad Taufiq

Penulis: Jino Prayudi Kartono
Editor: Rahmad Taufiq
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved