Breaking News:

Virus Corona di Kukar

Soal Limbah Medis Covid-19, Limbah Puskesmas di Kukar Dikelola Pihak Ketiga, RS Bisa Kucurkan Dana

Pemerintah kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) jauh-jauh hari telah mengantisipasi penanganan limbah medis selama Corona atau covid-19

TRIBUNKALTIM.CO/ARIS JONI
Kepala Dinas Kesehatan Kukar, dr Martina Yulianti sikapi pendemi Corona di Kutai Kartanegara, Provinsi Kalimantan Timur. 

TRIBUNKALTIM.CO, TENGGARONG - Pemerintah kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) jauh-jauh hari telah mengantisipasi penanganan limbah medis selama Corona atau covid-19.

Bahkan, pemerintah di Kukar telah bekerjasama dengan perusahaan Mitra Hijau yang bergerak dibidang pengelolaan limbah jauh sebelum adanya covid-19.

“Kan limbah medis sudah sesuai aturan, puskesmas-puskesmas juga sudah kerjasama dengan Mitra Hijau, dia akan mengambil limbahnya dan sudah tau akan dibawa ke pusatnya,” ujar Kepala Dinas Kesehatan Kukar, dr Martina Yulianti.

Baca juga: Apa Itu Corona N439K? Mutasi Baru Virus Covid-19, Lebih Kuat dan bisa Mengakali Vaksin dan Antibodi

Baca juga: Asal Dapat Izin dan Reagen, Labkesda Kaltim Bisa Periksa Spesimen Mutasi Virus Corona B117

Lanjut dia, untuk rumah sakit sudah memiliki alat generator sendiri, sehingga bisa melakukan pembakaran limbah medis sendiri, sementara untuk limbah puskesmas dikelola oleh pihak ketiga yakni Mitra Hijau.

“Kalau rumah sakit sudah ada alatnya, kita bakar terus abunya di masukkan ke dalam drum lalu dibawa ke Jawa Barat sana,” terangnya.

Ia menerangkan, untuk anggaran pengelolaan limbah medis di rumah sakit bisa mencapai Rp 1 mikiar per tahunnya.

Sedangkan anggaran di puskesmas-puskesmas dirinya masih belum mengetahui pasti.

Warga Balikpapan atau pengunjung Pasar Pandansari disiplin memakai masker, taat pada protokol kesehatan Covid-19 pada Jumat (12/3/2021) pagi. Kota Balikpapan masih dinyatakan status pandemi Corona, warga saat beraktivitas di luar rumah mesti kenakan masker. TRIBUNKALTIM.CO/BUDI SUSILO
Warga Balikpapan atau pengunjung Pasar Pandansari disiplin memakai masker, taat pada protokol kesehatan Covid-19 pada Jumat (12/3/2021) pagi. Kota Balikpapan masih dinyatakan status pandemi Corona, warga saat beraktivitas di luar rumah mesti kenakan masker. TRIBUNKALTIM.CO/BUDI SUSILO 

“Sudah ada anggarannya di puskesmas, tapi saya gak hapal ya. Tergantung besar kecilnya puskesmasnya,” pungkasnya.

Yuli menjelaskan, limbah infeksius medis harus dikelola dengan baik, jika tidak dikelola dengan baik akan membahayakan dan bisa menularkan jika tidak dibakar.

Baca juga: Wisata Pantai Monpera Balikpapan, Pengunjung Menikmati Ombak meski Masih Pandemi Corona

Baca juga: Ratusan Pedagang Pasar di Tenggarong Kukar Ikut Vaksinasi Covid-19

Sementara, jika limbah tersebut sudah dibakar, maka harus dikelola lagi agar tidak menjadi limbah B3 atau Bahan beracun dan berbahaya.

Halaman
123
Penulis: Aris Joni
Editor: Budi Susilo
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved