Breaking News:

Gaya Hidup

Tiarap saat Pandemi Covid-19, Musisi Balikpapan Kangen Manggung, Penggemar Rindu Nonton Konser Musik

Tiarap saat Pandemi Covid-19, Musisi Balikpapan Kangen Manggung, Penggemar Rindu Nonton Konser Musik

Penulis: Heriani AM | Editor: Trinilo Umardini
TRIBUN KALTIM/DWI ARDIANTO
Tiarap saat Pandemi Covid-19, Musisi Balikpapan Kangen Manggung, Penggemar Rindu Nonton Konser Musik 

TRIBUNKALTIM.CO, BALIKPAPAN - Tiarap saat Pandemi Covid-19, Musisi Balikpapan Kangen Manggung, Penggemar Rindu Nonton Konser Musik

Berbeda kepala, tak sama dalam menafsirkan musik. Alunan nada diiringi irama itu punya definisinya sendiri-sendiri.

Ada yang menganggap musik adalah kawan karib, penyembuh yang mujarab, pendamping sepi, penyampai pesan, hingga manifestasi keadaan, dan lainnya.

Tak ayal, seperti hari spesial lain, musik juga punya hari raya. Setiap tanggal 9 Maret.

Di hari itu, musisi dan penikmat musik berlebaran. Meski perayaannya sama seperti hari besar lain yang terhalang pandemi Covid-19.

Kilas baliknya, ditetapkan sebagai Hari Musik Nasional karena bertepatan dengan hari kelahiran Wage Rudolf Soepratman. Pria yang lahir pada 9 Maret 1903 ini adalah pencipta lagu "Indonesia Raya".

Lagu yang kini menjadi lagu kebangsaan Republik Indonesia. WR Soepratman yang ditetapkan sebagai pahlawan nasional dianggap berjasa besar bagi musik Tanah Air.

Mengutip pemberitaan Kompas, 9 Maret 2018, pemilihan tanggal Hari Musik Nasional sempat menuai perdebatan karena ada kebingungan soal tanggal lahir WR Soepratman.

Akan tetapi, perdebatan itu tak lagi mencuat karena ada hal yang lebih penting dalam peringatan Hari Musik Nasional. Yaitu tentang kesejahteraan musisi dan ekosistem yang sehat bagi industri musik di Indonesia.

Di Balikpapan, ada Lukman Arif, penikmat musik yang mengelola akun @balikpapanmusik. Akun ini terbilang baru, namun informasi soal musik-musik lokal Balikpapan dan Kaltim, lengkap di sana.

Halaman
123
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved