Breaking News:

Kecanggihan Simulator pada Sistem Kelistrikan

Dengan teknologi kehidupan manusia dapat terbantukan dan menjadi lebih mudah. Begitu pula, teknologi berperan penting dalam kemajuan sistem kelistikan

HO
DTS (Dispatcher Training Simulator) adalah alat simulasi latihan bagi operator pengatur sistem tenaga listrik (sering disebut Dispatcher) untuk mensimulasikan berbagai kondisi sistem tenaga listrik. 

TRIBUNKALTIM.CO - Kemajuan dunia di era modern saat ini, menuntut semua lini kehidupan berdampingan dengan alat canggih bernama teknologi.

Mulai dari tidur hingga tidur lagi, semua bersentuhan dengan teknologi.

Dengan teknologi kehidupan manusia dapat terbantukan dan menjadi lebih mudah. Begitu pula, teknologi juga berperan penting dalam kemajuan sistem kelistrikan di dunia.

Salah satu penggunaan teknologi dalam sistem kelistrikan adalah penggunaan simulator.

Simulator kita ketahui, kini tidak hanya digunakan dalam dunia balap mobil, namun terus beranjak ke berbagai lini dunia teknologi lainnya seperti simulator penerbangan pesawat, arsitektur, internet, dan juga dunia kelistrikan.

Penggunaan simulator dalam sistem tenaga listrik sangat bermanfaat dan menunjang kemajuan dunia kelistrikan.

Untuk saat ini Sistem Kelistrikan di Kalimantan telah terhubung dari Bontang (Kaltim) , Banjarmasin (Kalsel) hingga Pangkalan Bun (Kalteng) dengan total panjang transmisi 5.000 km.

Jumlah gardu induk sebanyak 62 gardu induk tegangan tinggi yang dioperasikan oleh  dispatcher yang bekerja shift 24 jam selama 7 hari untuk mengatur kelistrikan untuk 3 provinsi di Kalimantan (Kalteng, Kalsel, Kaltim).

Beban sistem sekitar 1200 MW dan direncanakan akan terhubung dengan Pontianak (Kalbar) dalam beberapa tahun ke depan.

Dengan semakin banyak gardu induk & panjang transmisi yang beroperasi sehingga diperlukan sebuah simulator pengoperasian sistem tenaga listrik untuk meningkatkan kompetensi dispatcher.

Halaman
123
Penulis: Siti Zubaidah
Editor: Sumarsono
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved