Berita Kaltara Terkini

Wagub Kaltara Yansen TP Sebut Kesiapsiagaan dan Simulasi Penting untuk Hadapi Bencana

Bertempat di lapangan Agathis, Tanjung Selor, Wakil Gubernur Kaltara Yansen TP memimpin apel gelar kesiapan penanggulangan bencana 2021.

TRIBUNKALTARA.COM / MAULANA ILHAMI FAWDI
Suasana Apel Gelar Kesiapan Penanggulangan Bencana Alam di Kaltara Tahun 2021, di Lapangan Agathis, Tanjung Selor TRIBUNKALTARA.COM / MAULANA ILHAMI FAWDI 

TRIBUNKALTIM.CO, TANJUNG SELOR - Bertempat di lapangan Agathis, Tanjung Selor, Wakil Gubernur Kaltara Yansen TP memimpin apel gelar kesiapan penanggulangan bencana 2021.

Dihadiri oleh personel gabungan dari Korem 092 Maharajalila, Polda Kaltara, Satpol PP, Satuan Pemadam Kebakaran, BPBD Kaltara.

Baca juga: Pemprov Kaltara Bakal Kembangkan Tambak Rakyat, Bupati Syarwani Sebut Sertifikasi jadi Persoalan

Apel kali ini dimaksudkan, untuk meningkatkan kesiapsiagaan, baik dari segi peralatan maupun personel dalam menghadapi bencana alam.

Hal tersebut diungkapkan oleh Wagub Kaltara, saat ditemui usai meninjau peralatan dan kesiapan pasukan apel.

"Sebenarnya ini mengingatkan kita kalau kesiapsiagaan ini sangat penting," ujar Wagub Kaltara, Yansen Tipa Padan, Senin (22/3/2021).

"Sehingga ke depan unit-unit peralatan dan personel harus selalu siap," tambahnya.

Wagub Kaltara Yansen TP didampingi pejabat kepolisian dan TNI meninjau peralatan penanggulangan bencana usai apel di lapangan Agatis, TRIBUNKALTARA.COM / MAULANA ILHAMI FAWDI
Wagub Kaltara Yansen TP didampingi pejabat kepolisian dan TNI meninjau peralatan penanggulangan bencana usai apel di lapangan Agatis, TRIBUNKALTARA.COM / MAULANA ILHAMI FAWDI (TRIBUNKALTARA.COM / MAULANA ILHAMI FAWDI)

Mantan Bupati Malinau ini menekankan, tentang pentingnya kesiapan peralatan dan personel ketika dibutuhkan.

Sehingga diperlukan tim khusus di tiap instansi yang menangani mengenai bencana, serta simulasi bersama dengan instansi lain terkait penanganan bencana alam.

"Kalau sekarang ini peralatan dan personel lebih banyak melekat pada fungsi OPD-nya, ke depan harus ada tim khusus yang menangani bencana," katanya.

Baca juga: Stok Reagen Sempat Kosong untuk Uji Sampel Virus Corona, Dinkes Kaltara Tambah 5.000 Reagan ke BNPB

"Saya kira ini juga perlu simulasi, tadi sudah didiskusikan dengan Danrem dan Kapolda terkait dengan pelatihan ini, baik itu pencarian orang, bencana banjir, longsor atau kebakaran," katanya.

"Sehingga kita bisa melihat kecepatan dan ketangguhan personel penanggulangan bencana yang kita miliki," katanya.

Berita tentang Kaltara

Berita tentang Yansen TP

Penulis: Maulana Ilhami Fawdi | Editor: Mathias Masan Ola

Sumber: Tribun Kaltim
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved