Breaking News:

Berita Pemkab Mahakam Ulu

Wujudkan Pelayanan Publik Berkualitas, Wakil Bupati Yohanes Resmikan Kantor PATEN di Long Pahangai

Peresmian ditandai dengan pengguntingan pita, dilanjutkan dengan penandatanganan prasasti dan peninjauan kantor.

Editor: Achmad Bintoro
HUMASKAB MAHULU
Wabup Mahulu Yohanes Avun meresmikan Kantor Pelayanan Administrasi Terpadu Kecamatan (PATEN) di Kampung Long Pahangai, Kecamatan Long Pahangai, Jumat (19/3/2021). 

UJOH BILANG -Bupati Mahulu Bonifasius Belawan Geh, SH yang diwakili oleh Wabup Mahulu Drs. Yohanes Avun M.Si meresmikan Kantor Pelayanan Administrasi Terpadu Kecamatan (PATEN) di Kampung Long Pahangai, Kecamatan Long Pahangai. Jumat (19/3/2021).

Peresmian ditandai dengan pengguntingan pita, dilanjutkan dengan penandatanganan prasasti dan peninjauan kantor. Dihadiri pula oleh Asisten I Setkab Mahulu, Ir. H. Dodit Agus Riyono MP, Kepala Dinas Perhubungan Toni Imang, S.Sos, MM, Kepala Dinas Trantibum Lawing Nilas, S.Pd, petinggi sekecamatan Long Pahangai, serta Forum Komunikasi Pimpinan Daerah Kecamatan Long Pahangai.

Bupati Mahulu Bonifasius Belawan Geh, SH dalam sambutan yang dibacakan Wabup Drs, Yohenes Avun, M.Si menyampaikan, guna memberikan pelayanan kepada masyarakat di bidang perizinan dan non perizinan, pemerintah daerah memberikan sebagian wewenang kepada kecamatan, sesuai dengan Permendagri Nomor 4 Tahun 2010.

“Dalam tujuan untuk mewujudkan tata kelola pemerintahan yang baik hingga ke kampung kampung pelosok, pemerintah daerah wajib mendelegasikan wewenang perihal perizinan dan non perizinan kepada kecamatan, agar masyarakat dapat dengan mudah mendapatkan pelayanan prima dari pemerintah daerah, melalui PATEN,” ujarnya.

Lebih lanjut Wabup menyampaikan, dengan adanya PATEN maka masyarakat di sekitar wilayah Kecamatan Long Pahangai akan mendapatkan pelayanan yang berkualitas dan memiliki kepastian hukum yang sah.

Sementara Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Kampung Damianus Tamha, SE menuturkan, tujuan utama PATEN adalah mendekatkan pelayanan kepada masyarakat.

“Pelayanan PATEN merupakan tindak lanjut dari Permendagri tentang pelayanan administrasi terpadu kecamatan, dengan maksud tujuan utamanya adalah mendekatkan pelayanan kepada masyarakat secara lebih efektif dan efisien, mengoptimalkan kualitas implementasi prinsip-prinsip akuntabilitas kinerja dan penyelenggaraan pelayanan publik,” jelasnya.

Pada kesempatan yang sama, Camat Long Pahangai Lawing Ngau, S.Pd menyampaikan, penyelenggaraan PATEN di Kecamatan Long Pahangai bermaksud seperti diamanatkan di dalam Kepmendagri Nomor 138-270 tentang Petunjuk Teknik Pedoman PATEN.

“Merespon dinamika perkembangan penyelenggaraan pemerintah daerah menuju tata pemerintahan yang baik dengan memperhatikan kebutuhan dan tuntutan masyarakat dalam pelayanan, serta mengoptimalkan peranan kecamatan sebagai perangkat daerah dalam memberikan pelayanan dengan masyarakat,” tambahnya.(adv/hms7/2/naw)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved