Breaking News:

Berita Kaltim Terkini

Jumlah Produksi Pangan 2020 di Kaltim Meningkat Pesat, Omzet Petani Beras Tembus Rp 1,7 Triliun

Menurut Kepala Dinas Pangan, Tanaman Pangan dan Holtikultura Provinsi Kaltim, Siti Farisyah Yana, khusus jumlah produksi beras, meningkat sangat signi

TRIBUNKALTIM/DWI ARDIANTO
Gubernur Kaltim Isran Noor memukul gong dalam acara Rapat Koordinasi dan Sinkronisasi Pembangunan Pangan, Tanaman Pangan dan Holtikultura se Kaltim, Rabu (24/3/2021) 

TRIBUNKALTIM.CO, BALIKPAPAN - Peningkatan produksi pangan di Kalimantan Timur (Kaltim) tiga tahun belakangan cukup tinggi.

Menurut Kepala Dinas Pangan, Tanaman Pangan dan Holtikultura Provinsi Kaltim, Siti Farisyah Yana, khusus jumlah produksi beras, meningkat sangat signifikan.

Provinsi Kaltim diakuinya merupakan satu dari 16 provinsi di Indonesia yang mengalami peningkatan produksi besar saat ini.

Terjadi peningkatan sampai 152 ribu ton, dibanding tahun 2018 yang hanya 13 ribu ton.

"Kalau dirupiahkan, nilai 152 ribu ton dengan harga pasan tingkat konsumen, omzet petani khusus beras mencapai Rp 1,7 triliun," ujarnya, Rabu (24/3/2021).

Peningkatan jumlah produksi, dipengaruhi oleh bertambahnya area luas panen. Dimana bertambah sebanyak 8 ribu hektare dalam 3 tahun belakangan.

Nilai total petani juga meningkat rata-rata di atas 100 persen.

Kepala Distanak Berau Pastikan Tahun Ini Ketersediaan Pupuk Bersubsidi untuk Petani Masih Terpenuhi

Kisah Petani Rumput Laut di Nunukan, 10 Tahun Andalkan Bekas Botol Plastik dalam Budidaya

Berbanding lurus dengan kesejahteraan para petani, dalam hal ini daya tukar terhadap produksi yang diberikan ke masyarakat lebih tinggi.

Selain beras, komoditas lain seperti bawang merah dan cabai ikut meningkat kuantitas produksinya. Bawang merah pada 2018 hanya diproduksi sekitar 172 ton, meningkat hingga 267 ton di tahun 2020.

Pun dengan komoditas strategis penentu inflasi seperti cabai. Yang mana saat ini sebanyak 13 ribu ton dari sebelumnya hanya 12 ribu ton saja.

Halaman
12
Penulis: Heriani AM
Editor: Adhinata Kusuma
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved