Berita Kaltim Terkini

Data Center Diskominfo Dukung Penuh BKT 2021, Begini Penjelasan Kadiskonfo Kaltim

Program Beasiswa Kaltim Tuntas (BKT) selama ini menggunakan hosting dan server dari pihak luar.

Penulis: Muhammad Riduan | Editor: Samir Paturusi
TRIBUNKALTIM.CO/HO
Kepala Dinas Kominfo Kalimantan Timur, Muhammad Faisal, saat memperlihatkan server.TRIBUNKALTIM.CO/HO 

TRIBUNKALTIM.CO, SAMARINDA - Program Beasiswa Kaltim Tuntas (BKT) selama ini menggunakan hosting dan server dari pihak luar.

Namun di tahun 2021 ini, program BKT sudah beralih menggunakan milik Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur (Pemprov Kaltim).

Yang mana dikelola oleh Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kaltim, yang ditandai dengan peralihan penggunaan nama domainnya.

Baca juga: Beasiswa Kaltim Tuntas 2021 Dibuka, Pemprov Anggarkan Rp 160 Miliar, Berikut Persyaratannya

Baca juga: Gubernur Kaltim Kurangi Kuota Beasiswa ke Luar Negeri, Isran Noor Sebut 1 Berbanding 10 Dalam Negeri

“Mulai tahun ini, khusus BKT untuk pendaftaran beralih alamat website ke beasiswa.kaltimprov.go.id namun untuk yang masih membuka di kaltimtuntas.id akan dialihkan otomatis ke alamat yang baru.” ujar Muhammad Faisal Kadiskominfo Kaltim.

Pak Faisal sapaan karibnya, mengaku bahwa pihaknya telah mempersiapkan hal tersebut sejak jauh - jauh hari.

Terbukti dengan beberapakali melakukan rapat dan koordinasi.

Baca juga: Gubernur Isran Noor Sebut Mahasiswa Penerima Beasiswa Tak Wajib Mengabdi di Kaltim usai Lulus Kuliah

“Tentu bukan pekerjaan yang mudah bagi Tim Data Center kami, walaupun mereka di back office tapi menjadi sangat vital bagi kenyamanan pengguna maupun kelancaran proses beasiswa kaltim” sebutnya.

Sementara untuk kesiapan terkait penggunaan hosting dan server tersebut, Diskominfo sudah melakukan.

Mulai dari sumber listrik dan back up nya, pemeliharaan genset, UPS hingga mempersiapkan server dan jaringan sampai dengan back up jaringan internet telah dilakukan.

Bahkan juga termasuk perpanjangan kontrak bandwith sudah diantisipasi sejak jauh - jauh hari, guna tidak mengganggu BKT di kemudian hari.

Baca juga: Uniba Gelar Seminar Nasional Bahas Peluang Beasiswa bagi Warga Kaltim, Ini Tujuannya

“Yang tak kalah penting adalah masalah keamanan data. Intinya kami berbangga dipercaya tapi kami juga wajib fokus dan monitor 24 jam agar proses ini tetap lancar” sambungnya.

Pak Faisal meyakini, dengan menggunakan server data sendiri dorasa lebih efisien dan efektif, serja juga juga keamanannya lebih terjamin.

Walaupun katanya, harus membutuhkan kerja ekstra sebagai bentuk dukungan penuh Diskominfo terhadap program unggulan Kaltim itu.

“Kita tahu bersama ini sangat ditunggu-tunggu oleh pelajar dan mahasiswa se Kaltim, sehingga terjadi akses atau traffic yang luar biasa tinggi baik dari regular, nasional bahkan internasional, doakan kami semoga semua berjalan lancar dan menjadi lebih baik” ungkapnya.

Pada jam - jam awal setelah pembukaan hasil monitor hingga setelah waktu 24 jam, memang animo publik luar biasa melebihi tahun sebelumnya, sehingga apabila kesusahan dalam mengakses harap dimaklum.

“Di 12 jam awal saja sudah menjadi 42 ribu an visitor di sana dan di 24 jam nya sudah mencapai 48 ribuan sehingga kalo banyak yang agak kesusahan akses mohon dimaklumi. Kami dan Tim IT BKT terus berusaha mengevaluasi ini, terutama di hal konfigurasi nya” pungkasnya. (*)

Berita tentang Kaltim

Sumber: Tribun Kaltim
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved