Breaking News:

Berita Paser Terkini

Anggota DPRD Kaltim Amiruddin Ingatkan Masyarakat Paser Taat Pajak

Sosialisa itu berlangsung di aula SMPN 2 Tanah Grogot dengan dihadiri puluhan warga, Minggu (28/3/2021).

TRIBUNKALTIM.CO/SYAIFULLAH IBRAHIM
Sosialisasi Peraturan Daerah (Perda) Nomor 1 Tahun 2019 tentang perubahan kedua atas Perda tahun 2011 mengenai Pajak Daerah oleh H. Amiruddin anggota DPRD Provinsi Kalimantan Timur, yang berlangsung di aula SMPN 2 Tanah Grogot, Kabupaten Paser.TRIBUNKALTIM.CO/SYAIFULLAH IBRAHIM 

TRIBUNKALTIM.CO, TANA PASER - Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) Daerah Pemilihan Paser dan PPU, H. Amiruddin, menggelar sosialisasi Peraturan Daerah (Perda), Provinsi Kaltim Nomor 1 Tahun 2019.

Sosialisa itu berlangsung di aula SMPN 2 Tanah Grogot dengan dihadiri puluhan warga, Minggu (28/3/2021).

Perda yang disosialisasikan, yaitu peraturan daerah tentang perubahan kedua atas Perda Nomor 1 Tahun 2011 tentang Pajak Daerah.

Baca juga: Operasional Truk Pengangkut Sawit Saat Melintasi Jalan Umum Langgar Perda Kabupaten Paser

Baca juga: Perkuat Sinergitas, Rutan Kelas IIB Tanah Grogot MoU dengan Polres Paser dan Posbakumadin

Amiruddin mengatakan, sosialisasi ini merupakan kegiatan kali pertama yang dilakukan anggota DPRD Kaltim.

"Kegiatan ini pertama dilakukan. Ini bukan Reses tapi sosialisasi Perda Provinsi Kaltim. Karena saya anggota DPRD Kaltim dari Paser dan PPU, maka saya melakukan sosialisasi ini kepada masyarakat," kata Amiruddin.

Amiruddin menerangkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) Provinsi Kaltim dari pajak daerah cukup signifikan, dimana mencapai sebanyak 78 persen

Baca juga: Kadishub Paser Pastikan Akan Menindak Truk Muatan Sawit Jika Terbukti Melanggar

Sementara, untuk pajak Daerah menyumbang berkisar 39 persen dalam postur Anggaran Pendaapatan dan Belanja Daerah (APBD) Provinsi Kaltim.

Ada 5 sektor pajak Daerah yang dijelaskan, diantaranya Pajak Kendaraan Bermotor, biaya balik nama kendaraan bermotor, pajak bahan bakar kendaraan bermotor, pajak air permukaan dan pajak rokok.

Amiruddin menegaskan pentingnya masyarakat untuk membayar pajak dikarenakan penerimaan dari sektor itu nantinya juga akan digunakan untuk pembangunan daerah seperti pembangunan jalan, jembatan dan infrastruktur lainnya.

Pada sosialisasi tersebut, Amiruddin menyertakan dua narasumber dari Dinas Komunikasi Informatika Statistik dan Persandian serta dari Badan Pendapatan Daerah Kabupaten Paser.

Halaman
12
Penulis: Syaifullah Ibrahim
Editor: Samir Paturusi
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved