Breaking News:

Berita DPRD Kalimatan Timur

Berikan Edukasi Pajak dan Bela Negara, Samsun Sosialisasi Perda di Loa Duri Ilir Kukar

Sosialisasi Peraturan Daerah (Sosper) Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) tentang penyelenggaran Perda nomor 1 tahun 2011 tentang Pajak Daerah

Editor: Achmad Bintoro
HUMAS DPRD KALTIM
SOSPER - Wakil Ketua DPRD Kaltim Muhammad Samsun saat melaksanakan Sosialisasi Perda (Sosper) di Kelurahan Loa Duri Ilir, Kutai Kartanegara, Jumat (26/3/2021). 

TENGGARONG - Wakil Ketua DPRD Kaltim Muhammad Samsun menggelar Sosialisasi Peraturan Daerah (Sosper) Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) tentang penyelenggaran Perda nomor 1 tahun 2011 tentang Pajak Daerah yang diselenggarakan di Kelurahan Loa Duri Ilir, Kutai Kartanegara, Jumat (26/3/2021) lalu.

Didampingi dua narasumber yaitu Sekretaris BSPN PDI Perjuangan Kaltim Ahmad Syahril dan Kasi Pendataan dan Penetapan UPTD PPRD wilayah Kukar, Samsun mengapresiasi antusias masyarakat dalam menghadiri sosper tersebut, terlebih mendapat respons yang baik dari masyarakat, karena sebagian besar belum memahami tentang pajak.

"Saya lihat respon warga sangat luar biasa. Untuk Sosper hari ini, kami sosialisasikan tentang Perda Pajak untuk memaksimalkan pendapatan daerah dari sektor pajak, yang mana masih ada beberapa warga yang belum paham tentang peraturan daerah terkait pajak," ujar Samsun.

Politisi PDI Perjuangan ini berharap dengan sosialisasi ini dapat menggugah kesadaran masyarakat untuk membayar pajak dan agar masyarakat semakin sadar terhadap tanggungjawabnya dalam membayar pajak.

"Sosialisasi ini tentunya kita harapkan agar masyarakat semakin mengetahui dan menggugah kesadaran masyarakat untuk membayar pajak. Dan kuncinya adalah bayar pajaknya lalu awasi pembangunannya," katanya.

Menurutnya, Perda nomor 1 tahun 2011 tentang pajak daerah tersebut dinilai penting lantaran pemerintah sampai saat ini fokus dalam menggali pendapatan daerah guna kepentingan pembangunan Kaltim.

Ia menyampaikan, pembayaran pajak saat ini bisa dilakukan secara online melalui aplikasi yang sudah disiapkan oleh pemerintah, sehingga tidak harus ke kantor pajak.

"Kita berharap terutama dengan adanya Perda Pajak, maka tidak ada alasan untuk melakukan pelanggaran terhadap perpajakan karena Perdanya sudah disampaikan," tuturnya.

Samsun juga mengatakan, selain menggelar sosialisasi Perda terkait masalah pajak, agenda sosialisasi juga membahas soal pendidikan bela negara.

"Sosper kali ini juga menyampaikan tentang pemahaman bela negara. Karena memang diperaturan undang-undang dasar kita kan sudah jelas, yang menunjukkan bahwa setiap warga negara berhak dalam membela negara," pungkasnya.(adv/hms8)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved