Breaking News:

Berita Kutim Terkini

Kabupaten Kutai Timur Miliki Potensi Berdayakan Pangan Lokal, Proses Pemasaran Jadi Kendala

Beberapa Kecamatan di Kabupaten Kutai Timur memiliki potensi besar dalam pemberdayaan produk pangan lokal.

TRIBUNKALTIM.CO/SYIFAUL MIRFAQO
Ilustrasi kegiatan jual-beli hasil tani di Pasar Induk Sangatta Utara Kabupaten Kutai Timur.TRIBUNKALTIM.CO/SYIFAUL MIRFAQO 

TRIBUNKALTIM.CO, SANGATTA - Beberapa Kecamatan di Kabupaten Kutai Timur memiliki potensi besar dalam pemberdayaan produk pangan lokal.

Hal tersebut dibuktikan dengan hasil tani di beberapa wilayah,  dapat menghidupi masyarakat setempat bahkan diekspor keluar kecamatan.

Namun, Bupati Kutai Timur Ardiansyah Sulaiman mengatakan, bahwa ribuan ton hasil produk tani masyarakat di daerah tidak mendapatkan output yang baik.

Baca juga: Lahan Tidur di Kaltim Bisa Diolah untuk Produksi Pangan, Wamen ATR Surya Tjandra: Bisa Dimanfaatkan

"Kemarin saat musyawarah perencanaan pembangunan (Musrenbang), kita mendapati sekian ribu ton hasil produk masyarakat kesulitan mendapatkan pasar," ujarnya.

Beberapa faktor diketahui menjadi kendala seperti kualitas produk yang belum sesuai standar dan sulitnya akses keluar masuk produk kepada konsumen.

Oleh karenanya, orang nomor satu di Kutai Timur tersebut bermaksud membuat regulasi yang mengarahkan hasil produk lokal untuk dikonsumsi kembali oleh penduduk lokal.

"Kita akan berikan arahan untuk ASN membeli produk lokal. Misalnya beras, masing-masing orang nanti akan membeli sekian kilo per bulannya," ucapnya pada TribunKaltim.Co.

Baca juga: Kepala Distanak Sebut Berau Belum Bisa Swasembada Kebutuhan Pangan, Masih Suplai dari Luar Daerah

Selain menyalurkan produk dari produsen lokal, konsumen juga mendapatkan berbagai keuntungan seperti harga yang di berada bawah harga pasar dan produk yang lebih segar.

Kepala Badan Ketahanan Pangan Kutai Timur, Sumarjana membenarkan adanya kemampuan pangan di beberapa Kecamatan.

Hingga kini Pemkab terus berkoordinasi dari berbagai sektor seperti pertanian dan perdagangan untuk memaksimalkan produk pangan lokal.

Halaman
123
Penulis: Syifaul Mirfaqo
Editor: Samir Paturusi
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved